Duta GTK Diharapkan Menjadi Inspirasi Bagi GTK di Jawa Tengah

Semarang (Penmad) – Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) Kantor Wilayah Kemenaterian Agama Provinsi Jawa Tengah, Suhersi menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi kepada lima Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) madrasah yang telah berhasil menjadi nominator grand final Lomba Anugerah GTK Madrasah Berprestasi Tingkat Nasional. Hal itu disampaikan Kabag TU saat menerima lima GTK madrasah di ruang kerjanya, Jumat (23/11).

Mereka adalah Istikomah (Guru RA Muslimat NU Masyithoh 07 Pabean Kota Pekalongan), Supriyadi (Guru MI Muhammadiyah, Kab. Karanganyar), Desy Lisnayanti (Kepala RA Zidni ‘Ilma, Kab. Sukoharjo), H. Idi Joko Sudono (Pengawas, Kab. Semarang), dan Sutrisno (Laboran MA Thoriqotul Ulum, Kab. Pati). Kelima GTK tersebut merupakan peraih juara pertama lomba GTK tingkat provinsi Jawa Tengah untuk masing-masing kategori, yaitu Guru RA, Guru MI, Kepala RA, Pengawas Madrasah, dan Laboran.

Kedatangan lima GTK tersebut didampingi oleh Kepala Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Pendidikan Madrasah, Siti Mutmainah dalam rangka berpamitan dan sekaligus mohon do’a restu kepada Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah yang wakili oleh Kabag TU.

Suhersi mengatakan, prestasi yang telah diraih di tingkat provinsi semoga bisa menjadi modal dan motivasi untuk menjadi duta Jawa Tengah dalam meraih prestasi yang sama di tingkat nasional. “Semoga duta Jawa Tengah mendapatkan juara pertama sehingga bisa membawa nama harum Jawa Tengah di tingkat nasional,” tutur Suhersi.

Dia berharap, prestasi kelima duta Jawa Tengah ini bisa menjadi motivasi bagi guru dan tenaga kependidikan lainnya untuk dapat meningkatkan profesionalisme di dalam melaksanakan tugasnya. “Selain itu juga menjadi inspirasi bagi guru dan tenaga kependidikan lainnya untuk berprestasi di bidang masing-masing,” tandas Kabag TU.

Sementara itu Kepala Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Pendidikan Madrasah, Siti Mutmainah menuturkan mereka akan mengikuti grand final Lomba Anugerah GTK Madrasah Berprestasi Tingkat Nasional di Surabaya selama empat hari mulai 23 – 26 November 2018. “Sebelumnya kelima GTK tersebut telah kita berikan pembekalan di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah (15/11) lalu,” kata Siti Mutmainah.

Para GTK wakil Jawa Tengah tersebut mendapat pembekalan dari tiga instruktur yang professional di bidangnya, yaitu Ida Zulaeha (UNNES), Fatah Syukur dan Mahfud Junaidi (UIN Walisongo).

Lomba Anugerah GTK Madrasah Berprestasi Tingkat Nasional adalah kegiatan rutin setiap tahun yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI dalam rangka mendorong dan meningkatkan motivasi dan profesionalisme guru, kepala, pengawas, laboran, dan pustakawan madrasah dalam melaksanakan tugas. [asym/gt]