DWP Kemenag : Hidup Sehat Mencegah Wanita Dari Penyekit Kanker Rahim

BLORA – Pola hidup sehat merupakan pencegahan dari luar bagi wanita agar terhindar dari penyakit kanker rahim seperti rutin mengkonsumsi buah, menghindari pengawet, olahraga teratur, dan menghindari makanan berlemak tinggi.

Untuk itu, perlu bagi wanita untuk senantiasa mendeteksi secara dini dari penyakit kanker melalui mamografi, periksa sendiri, skema sendiri dan berupaya melakukan pemeriksaan kesehatan rahim rutin melalui pap smear, iva test dan lainnya karena beberapa wanita memiliki resiko kanker tinggi seperti bagi wanita yang tidak menyusui, menyusui sebelah,obesitas dan lainnya .

Demikian disampaikan Fauzan jamil,S.Kep fasilitator dari yayasan kanker Indonesia pada acara pertemuan rutin Dharma wanita kemaren (16/3) di Aula Kemenag Blora yang diikuti oleh pengurus dan anggota Dharma Wanita Persatuan Kemenag Blora.

Fauzan menandaskan bahwa beberapa  gejala kanker seperti  adanya benjolan  gatal dan keras, kutil, bengkak, di bagian organ wanita perlu untuk diwaspadai diantaranya bisa melalui pencegahan secara intern individu seperti melakukan imunisasi kekebalan tubuh secara rutin di rumah sakit dengan biaya mahal sekitar 1,5 juta selama tiga bulan, mengkonsumsi tmbuhan zat anti kanker (RIP) yang mampu membunuh sel kanker ke  akarnya yang bisa ditemui pada tanaman seperti sirsak yang mengandung 35 persen RIP yang diminum selama setahun, kunir putih selama tiga bulan berturut turut.

Fauzan juga menandaskan bahwa Yayasan Kanker Indonesia  juga siap membantu ibu ibu yang membutuhkan bantuan baik penyuluhan maupun pengobatan serta dana apabila sudah terkena kanker kronis sebagai wujud kepedulian terhadap kemanusiaan dan hidup sehat.

“kami peduli terhadap sesama sehingga baik pencegahan maupun pengobatan penderita kanker akan kami layani sebagai wujud komitmen memberantas penyakit berbahaya ini” ujarnya serius.

Selain penyuluhan kesehatan, dalam pertemuan rutin tersebut juga diperagakan cara membuat dan mendesain mahar pernikahan oleh ibu Sofwan dari Kepala KUA Banjarejo Blora dari berabagi pernik rukuh dan lainnya.

Sementara itu, Plt Ketua DWP Kemenag Blora, Ibu  Dwiyanto menyampaikan bahwa pertemuan rutin hendaknya dimanfaatkan untuk saling mempererat silaturahim dan meningkatkan motivasi hidup sehat serta berbagai ilmu dan pengalaman sehingga DWP benar benar bisa bermanfaat bagi ibu ibu di lingkungan Kemenag Blora.

Selain sebagai agenda rutin program DWP pertemuan ini juga sebagai ajang silaturahim antar sesama pengurus dan anggota DWP di tahun 2017, dan seperti biasa agendanya pertemuan rutin diisi dengan ceramah, yasinan dan lainnya.

Ibu Dwiyanto menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Anggota DWP yang selalu hadir dalam pertemuan rutin bulanan, dan tugas lain yang cukup penting menjadi perhatian pengurus dan anggota DWP adalah meningkatkan peran keluarga sebagai benteng dalam menumbuhkan nilai-nilai kejujuran dan perilaku sejak dini dari lingkungan keluarga agar dapat menjadi benteng ketahanan moral dan penyelamat masyarakat, dan selain prilaku, menerapkan hidup sehat juga sangat penting untuk menghindari diri dari penyakit seperti kanker.

“Peran istri sangat penting demi suksesnya suami, suami hancur, istripun ikut merasakan kehancurannya sebaliknya suami sukses istripun ikut merasakannya pula,” ungkap istri Plt  Kepala Kemenag Blora tersebut.

“maka seperti dijelaskan tadi kita juga harus menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit seperti kanker” imbuhnya.

Mengevaluasi DWP ditahun 2016, Ia berharap kedepan agar terus ditingkatkan. Dan jangan lupa kita selalu mendukung kinerja suami kita yang bekerja di Kemenag, dengan dukungan sebagai istri aparatur pemerintah, suami bisa menjalankan amanahnya sebagai abdi negara dengan baik, terangnya.

“Kita juga berusaha menjadi istri yang terbaik bagi suami kita, mengantarkan putra-putri kita menjadi manusia yang soleh-soleha,” harapannya kepada semua yang hadir. Sebagai istri pejabat atau karyawan Kemenag lanjutnya sangat mudah menjadi sorotan masyarakat, untuk itu ia mengajak untuk selalu menjaga nama baik Dharma Wanita dan instansi Kemenag.

Lebih lanjut  diugkapkan Ibu Imron,M.Si yang menyatakan bahwa  hidup sehat sangat penting bagi ibu ibu DWP karena fisik yang sehat maka mental pun akan sehat dan yang paling penting sebagai istri dapat mendampingi suami secara positif, agar suami bisa dijadikan tauladan bagi keluarga dan masyarakat., dan  DWP kemenag  Blora diharapkan dapat berperan serta dalam pembangunan bangsa dan negara, langsung ataupun tidak langsung.(ima/bd)