Ganjar : Torehkan Prestasi dan Jaga Nama Baik Jawa Tengah

Semarang (Buddha) – Peningkatan karakter peserta didik pada jenjang sekolah dasar dan menengah membutuhkan dukungan dan partisipasi segenap stakeholder. Dukungan dari pemerintah dalam hal penyelenggaraan even nasional akan sangat berpengaruh dalam peningkatan karakter, salah satunya melalui even Sippa Dhamma Samajja Tingkat Nasional.

Berbicara dihadapan seluruh Kontingen Sippa Dhamma Samajja (SDS) Prov. Jawa Tengah yang berjumlah 50 orang terdiri dari Kontingen SDS Jateng dan para pendamping, Kamis (4/10) di Aula Kantor Gubernur Jl. Pahlawan No. 9 Semarang, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan pengarahan sebelum Kontingen mengikuti event nasional pada tanggal 8 sd 12 Oktober 2018 di Jakarta.

Pada acara pelepasan Kontingen Sippa Dhamma Samajja Prov.  Jawa Tengah ini turut dihadiri Farhani selaku kepala Kanwil Kementerian Agama yang didaulat mewakili seluruh kontingen untuk berpamitan ke Gubernur Jawa Tengah, dan di dampingi Sutarso selaku Pembimas Buddha Kanwil Kementerian Agama Prov. Jawa Tengah.

Provinsi Jawa Tengah merupakan benteng pancasila, karena di Jawa Tengah ini hidup masyarakat dengan berbagai latar belakang budaya maupun agama, namun masyarakatnya tetap mengedepankan hidup rukun dan harmonis bersama seluruh lapisan masyarakat, sehingga keamananan dan kenyamanannya terjaga.

“Jawa Tengah adalah bentengnya pancasila, masyarakatnya senang hidup rukun, masyarakatnya tidak suka menyebar berita Hoax, perilaku dari pengamalan pancasila selalu mengedepankan gotong royong, saling menyayangi, dan mampu menerima perbedaan yang ada ditengah masyarakat,” ungkap Ganjar.

Bahwa dalam perikehidupan masyarakat yang menganut bermacam-macam agama yang berbeda, perlu untuk terus mengembangkan nilai-nilai pancasila terutama dalam pengamalan sila pertamanya, melalui perbuatan saling menghormati pilihan dan perbedaan masing-masing.

“Sila pertama Pancasila adalah ke Tuhanan Yang Maha Esa, sehingga nilai-nilai dari agama sebaiknya selalu menjadi landasan dalam bergaul dengan masyarakat melalui tindakan saling hormat dan menghormati,” tegasnya

Diakhir arahannya Ganjar Pranowo berpesan kepada seluruh kontingen untuk selalu menjaga prestasi keluarga, nama baik keluarga dan menitipkan pesan untuk menjaga nama baik Jawa Tengah pada tingkatan nasional.

“Saya nitip pesan nama baik dijaga, prestasi di jaga, saya ucapkan selamat mengikuti lomba tingkat nasional dan saya doakan menjadi Juara, disisa waktu yang ada ini gunakan untuk berlatih sebaik-baiknya,” pungkasnya.

Ganjar Pranowo berharap bahwa kontingen SDS Prov. Jawa Tengah yang telah melalui tahapan seleksi dari tingkat Provinsi ini mampu membawa nama baik dan berprestasi di forum tingkat Nasional. (siswanta/gt).