Gebyar Milad ke-50 MTs Mufourga Menyapa

Purbalingga – Memperingati milad ke-50, MTs Muhammadiyah 04 Purbalingga (Mufourga) menggelar aneka kegiatan. Pada Sabtu (19/01) panitia menggelar lomba Tahfizh Alquran di komplek madrasah tersebut di Desa Slinga Kecamatan Kaligondang. Sedangkan Minggu (20/01) diselenggarakan kegiatan Try out bersama yang diikuti 184 siswa kelas VI dari 12 SD/MI di sekitar madrasah tersebut. Kegiatan puncak dilaksanakan Senin (21/01) berupa lomba intern, yakni lomba menulis puisi, menggambar dan menulis cerita di kompleks Bendung Slinga. Lomba diakhiri dengan kegiatan makan takir bersama.

Ketua panitia Lutvi Imam Fatullah menjelaskan, lomba Tahfizh  diikuti 49 perwakilan dari 25 SD/MI di sekitar madrasah tersebut.

‚ÄúPeserta berjumlah 49 orang. Lomba diadakan 2 kali seleksi untuk menentukan juara 1,2 dan 3,” jelas Lutvi.

Kepala MTs Mufourga Aris Pujianto menjelaskan, Milad ke-50 memiliki tema Mufourga Menyapa. Menurutnya pihaknya ingin menyapa dan berbagi dengan banyak orang.

“Sebab dengan banyak berbagi pintu rizki akan terbuka lebar. Berbagi dan menyapa tahun ini dalam bentuk memberi wadah berkompetisi bagi para penghafal-penghafal Alquran,” ungkap Aris.

Kompetisi dimaksudkan untuk memberi motivasi para peserta agar tertanam semangat menghafal Alquran. Dengan berkumpul mereka dapat termotivasi karena ternyata ada banyak teman yang menghafalkan Alquran.

“Kejuaraan bukan tujuan utama, hanya sebagai bentuk penghargaan dan penyemangat. Begitu juga dengan kegiatan Try out kelas VI SD/MI, itu juga sebagai bentuk kepedulian Mufourga untuk membantu persiapan UASBN tahun 2019,” jelasnya.

Selain itu juga dalam rangka ikut memberikan motivasi belajar bagi para siswa. Namun menurutnya pihaknya baru dapat berbagi dengan siswa SD/MI di sekitar MTs Mufourga karena keterbatasan ruang. Ia berharap pada tahun berikutnya dapat lebih melebarkan sayap seiring dengan bertambahnya ruangan.

“Alhamdulillah kami sedang membangun ruang kelas sebanyak 4 buah di lokasi 3. Mohon doa restu, semoga Mufourga di usia yang ke-50 ini dapat lebih memberikan manfaat untuk masyarakat, bangsa dan negara,” pungkasnya. (arief_sar/gt)