Gelar Simulasi Demi Sukses UNBK 2018

Tegal (Slawi) – Dua bulan jelang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP/MTs Tahun Pelajaran 2017/2018, MTs Negeri Slawi telah melaksanakan kegiatan Simulasi II UNBK yang diselenggarakan selama 2 hari pada 14-15 Februari 2018 yang lalu.

Demikian dikatakan Erni Maryati Rahayu selaku Wakil Kepala Urusan Kurikulum ditemui Tim Jurnalistik pada Selasa siang (20/02) di ruang kerjanya.

Erni mengungkapkan  bahwa tujuan utama simulasi kedua UNBK adalah untuk mengecek kondisi insfrastruktur di madrasah, mengecek sistem dan prosedur, melatih proktor dan teknisi agar mengikuti prosedur yang telah ditetapkan sesuai standar UNBK, serta bagi siswa untuk melatih melaksanakan kegiatan UNBK.

"Namun demikian, sekalipun ini bukan latihan materi ujian, kami mengharapkan kepada seluruh peserta didik agar tidak menganggap remeh hal tersebut," tegas Erni.

Berdasarkan peraturan pemerintah pendidikan dan kebudayaan Indonesia, Ia juga menyinggung perihal nilai Ujian Nasional yang tidak lagi menjadi standar kelulusan."Jadi yang menentukan kelulusan peserta didik bukan hasil nilai UN, tetapi ditentukan oleh nilai selama 3 tahun di sekolah/madrasah masing-masing peserta didik," katanya.

Namun demikian, Erni juga berpesan kepada seluruh peserta didik agar benar-benar mempersiapkan secara matang supaya memperoleh nilai ujian yang maksimal. Karena dengan standar nilai yang tinggi, akan dijadikan sebagai acuan diterima atau tidaknya di sekolah/madrasah selanjutnya, terutama bagi sekolah/madrasah favorit. (akb/rf)