H-11 PPSN Prov. Jawa Tengah

Kendal – Pelaksanaan Kegiatan Perkemahan Pramuka Santri Nusantara  (PPSN) Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018 tinggal 11 hari lagi, tepatnya tanggal 9 s.d. 11 Juli 2018 di Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo Kab. Kendal. Berbagai persiapan telah  dilakukan baik oleh Pondok Pesantren maupun oleh Kankemenag dan  Kanwil Kementerian Agama Prov. Jawa Tengah.

Pagi ini para Kasi PD Pontren / Pakis se Jawa Tengah bersama dengan utusan Kwartir Cabang dihadirkan di lokasi  PPSN (Ponpes Darul Amanah) untuk mengikuti rapat koordinasi  terakhir. Rapat tersebut juga dihadiri oleh  Kankemenag Kab. Kendal, Kwartir Daerah Jawa Tengah, staf Bagian Kesra Kab. Kendal, Kwartir Cabang Kendal, Muspika Sukorejo, Kepala Desa Ngadiwarno dan para kepala seksi pada Bidang PD Pontren Kanwil Kementerian Agama Prov. Jawa Tengah.

Dalam kesempatan tersebut disampaikan hal hal penting terkait dengan penyelenggaraan PPSN. “ Kesempatan ini kita pergunakan sebagai temu teknik penyelenggaraan PPSN”, kata Hamid Dimyati, Kepala Seksi Pondok Pesantren Kanwil Kementerian Agama Prov.Jawa Tengah.  Berbagai hal disampaikan kepada peserta rakor antara lain  teknis penyelenggaraan dan lomba oleh Kwartir Daerah, Gambaran lokasi oleh Pondok pesantren, teknis penyelenggaran administrasi dan persyaratan oleh kanwil kementerian agama. “Pembagian kavling tenda dilakukan dengan undian yang dilaksanakan hari ini juga”, jelas Hamid.

Disampaikan pula oleh Hamid bahwa hingga saat ini persiapan yang dilakukan telah mencapai 80?n akan terus berjalan hingga pelaksanaan. Beberapa hal yang perlu diantisipasi adalah kondisi alam yang cenderung dingin dan ditambah lagi kemungkinan turunnya hujan. “Untuk itu kita menyarankan seluruh Kontingen bisa mengantisipasinya dengan melengkapi  dengan perlengkapan jas hujan ataupun jaket”, kata Hamid.

KH. Mas’ud Abdul Qodir selaku Pengasuh Pondok Pesantren, menyampaikan sambutan selamat datang kepada para peserta. Disampaikan bahwa Pondok Pesantren ini telah berumur 28 tahun dengan mengambil model pengelolaan secara modern ala Gontor atau lebih dikenal dengan pondok alumni Gontor.   Beberapa tahun terakhir   pesantren ini  telah melakukan seleksi dalam penerimaan santri baru yang pada tahun ini berjumlah 2128 santri.

Kepala Kantor Kemenag Kab. Kendal, Saerozi dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo ini menjadi Pondok pesantren yang terbesar, terluas lokasinya, terbanyak santrinya di wilayah Kabupaten Kendal. Maka, kata Saerozi, sangat tepat pemilihan Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo sebagai lokasi penyelenggaraan kegiatan PPSN Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018.

Usai rapat, peserta melakukan  peninjauan lokasi perkemahan dan seluruh sarana prasarana kegiatan. Harapannya  seluruh peserta mengetahui posisi dan tempat tempat penting untuk selanjutnya disosialisasikan kepada seluruh anggota kontingen masing-masing. (fat/rf)