HAB Sederhana

Banyumas – Sekitar 150an ASN di lingkungan Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas memadati lapangan Madrasah Aliyah Negeri (MAN)  1 Purwokerto, Selasa (03/01) untuk mengikuti Upacara Hari Amal Bhakti ke 71Kementerian Agama (Kemenag) RI Tahun 2017. Hadir dalam upacara tersebut Kepala Kantor, Kasubbag TU, seluruh Kasi dan Gara, PPAI, Kepala Madrasah Negeri, Kepala KUA, dan Penyuluh. Upacara bertepatan dengan hari pertama kerja di tahun 2017.

Dalam penyampaian pidato Menteri Agama yang dibacakan langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten banyumas, Bambang Sucipto, bahwa ASN Kementerian Agama harus senantiasa mengembangkan wawasan serta meningkatkan ketrampilan dan kesigapan dalam bertugas. Ego sektoral, sektarianisme, dan sejenisnya harus disingkirkan dari lingkungan kerja Kementerian Agama.

“Kita harus bersikap sebagai agamawan sekaligus negarawan yang menempatkan kepentingan umat dan bangsa di atas kepentingan pribadi dan kelompok. Di tengah cepatnya perubahan sosial dan pesatnya teknologi informasi, kita juga harus menjadi pelayan publik yang dapat diandalkan,” kutip Bambang menyampaikan pesan Menteri Agama. Pesan yang disampaikan selaras dengan tema HAB ke-71 yaitu Lebih Dekat Melayani Umat.

Seusai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan tasyakuran bertempat di Aula MAN 1 Purwokerto. Pada kesempatan itu, Bambang menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh keluarga besar dan jajaran kantor Kemenag Kabupaten Banyumas atas kerjasama dan kinerjanya di tahun 2016, sehingga kegiatan dan program bisa terlaksana dengan baik. Hal itu ditandai dengan diterimanya tiga penghargaan dari KPPN wilayah kerja Purwokerto untuk satker Kankemenag dan dua penghargaan untuk satker madrasah dalam bidang pengelolaan keuangan. Beliau berpesan untuk memedomani sambutan Menteri Agama dengan harapan ke depan akan lebih prestatif, maju, cepat, dan tepat dalam melayani umat.

Kasi Penma, Ibnu Asaddudin mewakili panitia menyampaikan bahwa HAB ke 71 ini dilaksanakan dengan sederhana sesuai edaran Irjen dan Setjend. Dia mengatakan bahwa walau sederhana, tetapi kegiatan hari ini tidak mengurangi hikmah dan nilai substansi HAB. (hk/gt)