Hari Jadi Kota Tegal, Pengasong Terminal Meriahkan Khotmil Quran

Tegal – Dalam rangka hari jadi Kota Tegal dan bersamaan dengan momentum hari kartini, sekitar 500 lebih dari kalangan ibu-ibu membanjiri terminal, untuk mengikuti acara khotmil qur’an akbar yang diadakan oleh Taman Baca Masyarakat (TBM) Sakila Kerti, Kamis (20/04) di Terminal Kota Tegal

Acara yang bertajuk ‘Literasi Bermakna, dengan melalui aktivitas membaca al qu’ran bagi pengasong terminal Kota Tegal mendapat respon luar biasa, hal tersebut ditandai dengan kehadiran 18 Majelis Taklim se Kecamatan Margadana dan Masyarakat sekitar terminal untuk melihat langsung unjuk kebolehan mengaji pengasong terminal bus Kota Tegal.

“Untuk memperingati Hari Jadi Kota Tegal sekaligus Hari Kartini, kami sengaja menggelar acara khotmil qur’an akbar melalui kaum wanita mengaji, “tutur Pengelola TBM Sakila Kerti,  Yusqon saat acara berlangsung.

Antusias membaca dan menulis huruf alqur’an oleh para pedagang asongan dan warga terminal begitu tinggi, mereka setelah menjajakan dagannganya dengan naik turun bis yang satu ke bis yang lain, sesempat mungkin mencari waktu senggang, untuk belajar al qur’an, “terang Yusqon.

Lebih lanjut, menurut salah satu penyuluh agama islam Kementerian Agama Kota Tegal, Darsiti yang sekaligus menjadi pembina di TBM Sakila Kerti, mengatakan bahwa, saya sangat puas setelah melihat peserta binaanya menunjukan kecerdasanya saat di tes bacaanya.

Selain membaca alqur’an pada acara tersebut, para pedagang asongan juga membuktikan kreatif yang lain, diantaranya, menampilkan grup kasidah dan puisi, “ kata Darsiti di sela-sela acara.

Untuk jadwal belajar rutin bagi pengasong di TBM Sakila Kerti Terminal bus Kota Tegal adalah setiap hari jum’at jam 10 sampai jam 12 siang, namun, selain hari itu, banyak pengasong yang menyempatkan belajar sendiri, “ pungkas Darsiti. (im/rf).