Institut Ponpes di Pati Turut Andil Wujudkan Kemandirian Ekonomi

PATI – Di era zaman now kemandirian pondok pesantren dari segi ekonomi, sangat diperlukan. Seperti yang dilakukan Institut Pesantren Mathali”ul Falah (IPMAFA), salah satu institusi pendidikan berbasis agama Islam terbesar di Kabupaten Pati ini, tengah menjalin kemitraan dengan salah satu mini market ternama. Kerjasama ini, diwujudkan dengan membuat minimarket kemitraan yang keberadaannya tak jauh dari lingkungan pesantren.

Menurut Abdul Ghofarrozin selaku rektor IPMAFA, saat peresmian minimarket, Jum’at (20/4/2018) mengatakan, saat ini pesantren mutlak mandiri dari tiga hal yakni pesantren harus mutlak mandiri dari segi budaya, politik, serta ekonomi, ujarnya.

“Pesantren jangan hanya dipandang sebagai partner ekonomi saja, namun diharapkan dapat dipandang sebagai pelestari budaya serta menjaga NKRI,” tegasnya.

Untuk 100 pesantren di Indonesia, merupakan milik swasta. “Pesantren perlu mandiri untuk membangun pondasi ekonomi pondok yang kuat. Bila belum mandiri boleh dan dapat bekerja sama dengan pihak lain,” tambahnya.

Pesantren harus mandiri jangan andalkan proposal. Miliki keinginan untuk sukses dunia dan akhirat,” pungkasnya. (MK/Athi’/bd)