Intip Keunggulan 5 Program LARASATI (Layanan Bersama RSI-Kemenag Satu Hati)

Banjarnegara – Bertempat di Aula MAN 2 Banjarnegara tepatnya pada hari Senin (10/5) dilaksanakan sosialisasi program LARASATI dan cek kesehatan gratis. Hadir dalam acara tersebut, kepala MAN 2 Banjarnegara, Pengawas Madrasah, Perwakilan dari Rumah Sakit Islam (RSI) serta 75 orang perwakilan madrasah yang berada di wilayah Banjarnegara bagian tengah bawah salahsatunya MTs N 1 Banjarnegara yang dihadiri oleh Yuniyati, Radiono, Estu, serta Risky.

Kepala MAN 2 Banjarnegara, Ridlo Pramono dalam sambutannya mengaku gembira dan menyambut baik kerja sama Layanan bersama RSI-Kemenag satu hati disingkat dengan sebutan LARASATI.

“LARASATI ini bukan sebutan nama ya, LARASATI ini adalah  Layanan bersama RSI-Kemenag satu hati. Dengan adanya program baru ini diharapkan seluruh warga Kemenag akan mendapatkan layanan dan kemudahan di bidang Kesehatan,” tuturnya

Suyatno, perwkialan RSI dalam sosialisasinya menyampaikan bahwa kerja sama Kemenag Kabupaten Banjarnegara–RSI ini meliputi lima program. Yaitu Program Madrasah Sehat, Program Bimas Sehat ( Kua Dan Penyuluh ), Program Haji Sehat, Program Guru Pais Sehat, Halal Center.

“Program Madrasah Sehat berfokus pada usaha bagaimana membuat madrasah tersebut memenuhi kondisi lingkungan belajar yang baik secara jasmani dan rohani,” tututnya.

Tidak hanya itu, Suyatno juga menjelaskan apa tujuan dari Mengembangkan Madrasah Sehat. Di mana beliau menjelaskna 5 point yaitu, Healthy education and Treatmen, Thypical Actity, Emotional well-being, Healthy Environment.

Adapun Program Madrasah Sehat yang meliputi POSKES / FASYANKES yaitu; Optimalisasi peran organisasi kesiswaan, LARASATI Mobile (layanan kesehatan), Bank sampah terpadu, Seminar, Workshoop dan Diklat, Pendampingan kesehatan lingkungan Madrasah, Optimalisasi implementasi PHBS, Peningkatan kegiatan promosi dan sosialisasi kesehatan madrasah, Skrining kesehatan siswa, Pengembangan konsep Apotik hidup, Tes IQ, Sahabat Khitan.

Di akhir panyampaiannya di waktu memasuki jam duhur, Suyatno menyampaikan kepada 75 orang perwakilan Sekolah Madrasah untuk pendaftaran program kerjasama program LARASATI bisa dilayani secara online menggunakan aplikasi Larasati agar lebih efeksif dan efisisen. (risky/ak/rf)