Jadi Pengguna Bahasa Indonesia Terbaik, MAN 2 Banjarnegara Terima Penghargaan Prasidatama

Banjarnegara – MAN 2 Banjarnegara menerima Penghargaan Prasidatama dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah atas pretasinya menjadi pengguna bahasa Indonesia terbaik dalam untuk kategori SMA/SMK/MA di Jawa Tengah Tahun 2021 di Hotel Patra Jasa, Semarang Sabtu, (23/10).

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Prof. E. Aminudin Azis. Hadir juga dalam kegiatan tersebut pejabat dari berbagai instansi pemerintah maupun swasta di Jawa Tengah, seperti, Pengadilan Tinggi Provinsi Jawa Tengah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Kementerian Agama Kota Semarang, Balai Bahasa Daerah Istimewa Yogyakarta, beberapa perwakilan sekolah, IKAPI Jawa Tengah, serta tamu undangan lainnya.

Dalam orasi bahasa sebagai pembuka, Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Aminudin Aziz, menyampaikan inti dari Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009, Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2014, Peraturan Presiden Nomor 63 Tahun 2019, dan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 28 Tahun 2021.

“Semuanya mengamanatkan kepada Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa untuk melakukan pengembangan, perlindungan, dan pembinaan bahasa dan sastra Indonesia, serta meningkatkan fungsi bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional, maka dari itu mari kita berusaha menjalankan amanat tersebut dengan sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Ganjar Harimansyah, yang mengatakan tujuan Penganugerahan Penghargaan Prasidatama ini adalah memacu penulis, lembaga, dan penerbit di Jawa Tengah agar menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari.

“Tahun ini penghargaan kategori bahasa diberikan kepada tiga lembaga, yaitu SMA/SMK/MA, pengadilan negeri, dan media massa daring di wilayah Jawa Tengah yang dinilai telah menerapkan penggunaan bahasa Indonesia di dalam dokumen-dokumennya dan di ruang publik dengan baik dan benar,” tuturnya.

Sementara Ridlo Pramono, Kepala Madrasah yang menerima secara langsung penghargaan tersebut mengungkapkan rasa syukurnya. “Alhamdulillah, puji syukur kami panjatkan kepada Allah Swt., atas nikmat yang luar biasa. Peringkat pertama ini menjadi motivasi bagi kita seluruh warga madrasah untuk senantiasa menerapkan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam semua aspek kegiatan kita di madrasah. Terima kasih untuk semua pihak yang sudah bekerja sama mewujudkan “Madrasahnya para Juara” menjadi nyata,” pungkasnya. (ta/ak/rf)