Jadikan Kemah Santri Sebagai Upaya Wujudkan Santri Kreatif dan Mandiri

Wonogiri – Event perkemahan santri menjadi ajang silaturrahim antar pesantren dan menjadi media peningkatan kreatifitas, membangun minat terhadap gerakan pramuka untuk meningkatkan etos kerja yang tinggi dengan prinsip kesederhanaan, kemandirian, dan mendorong santri untuk aktif, mandiri, unggul demi negara dan agama untuk meningkatkan rasa ukhuwah, solidaritas sosial dan kerjasama antar sesama.

Para santri diharapkan menjadi manusia yang memiliki karakter bangsa yang kuat, mampu membina dan mengembangkan penghayatan kode kehormatan berupa janji Trisatya dan Dasadarma pramuka serta memupuk persaudaraan dan persatuan di kalangan pramuka penegak.

Perkemahan santri ini adalah dari santri, oleh Pramuka Untuk Masyarakat yakni kompetensi santri yang ada diilhami oleh jiwa kepramukaan sehingga bisa memberikan kemanfaatan dan kemaslahatan bagi ummat, maka marilah kita jalin Ukhuwah Islamiyah, ukhuwah Basyariyah dan ukhuwah wathoniyah dalam bingkai ke-Bhinnekaan.

Pesan tersebut di sampaikan Ka. Kankemenag Wonogiri, H. Subadi ketika melepas kontingen Perkemahan Pramuka Santri Nasional ke-5 Provinsi Jawa Tengah Kabupaten Wonogiri ke Kabupaten kendal, Minggu (08/07) di halaman Kankemenag Wonogiri, turut hadir dalam acara pelepasan tersebut Kasi PAKIS, official dan peserta.

Dalam kesempatakan tersebut Ka. Kankemenag berpesan untuk menjaga nama baik daerah di kancah Provinsi Jawa Tengah serta menjaga kekompakan dan sportifitas serta mengedepankan akhlakul kharimah.

“Jaga nama baik daerah, ikuti semua rangkaian kegiatan kemah santri taati tata tertib yang di tentukan panitia, jangan lupa jaga kesehatan tetap pegang teguh sportifitas, kekompakan dan komitmen sebagai santri nusantara,” pesan Subadi.

“Kepada seluruh peserta untuk memanfaatkan kesempatan kemah santri ini sebagai ajang untuk mengembangkan potensi diri, memperkuat nilai-nilai kebangsaan dan sikap nasionalisme,” imbuhnya.

Sedangkan Kasi PAKIS kankemenag Wonogiri, Sarwono di dampingi Jaelani menyampaikan bahwa Perkemahan Pramuka Santri Nusantara tingkat Kwarda Jawa Tengah di Bumi Perkemahan Pondok Pesantren Darul Amanah Kendal, Jawa Tengah, 9 – 11 Juli 2018 mendatang, Wonogiri mengirimkan kontingen sangga putra dan putri.

Selain perlombaan kemah santri juga akan disemarakkan dengan berbagai kegiatan keagamaan, upacara, apel, olahraga, anjangsana, dan api unggun serta ceramah dan penyuluhan peningkatan mutu pesantren, bahaya narkoba, penyuluhan tertib berlalu lintas dan lainnya.

“Semoga kemah santri tingkat Provinsi Jawa tengah bisa berjalan lancar dan bisa meningkatkan semangat santri untuk lebih unggul dan mandiri dalam berkreatifitas, Santri Wonogiri mampu berkompetisi di ajang tersebut,” harap Sarwono.(Mursyid_Heri/Wul)