Jadikan Madrasah lebih bermartabat

Rembang (Inmas) – Persepsi publik terhadap suatu lembaga madrasah perlu diciptakan positif. Hal ini bisa dilakukan dengan memperbaiki semua aspek yang ada di lingkungan Madrasah.

Demikian dikemukakan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, Atho’illah dalam acara Pelantikan dan Pengukuhan Sumpah/Janji Jabatan Kepala MIN/Kepala Urusan Tata Usaha MAN dan MTsN di lingkungan Kankemenag Kabupaten Rembang, pada Jum’at (13/4) di aula Kankemenag Kabupaten Rembang.

Atho’illah mengatakan, sesuai dengan jargon Kemenag yaitu ‘Madrasah Lebih Baik, Lebih Baik Madrasah’, maka semua pihak di lingkungan Kemenag harus bisa menciptakan citra positif kepada masyarakat.

“Kita harus menjadikan madrasah lebih bermartabat di kalangan masyarakat,” kata Atho’illah di hadapan Kasi/Gara, Kepala Madrasah Negeri, dan Pengawas yang hadir dalam acara.

Hal-hal yang berpengaruh terhadap persepsi tersebut antara lain meningkatkan manajemen madrasah dari semua aspek. Dari segi sikap misalnya, menginstruksikan seluruh jajaran tenaga pendidik dan peserta didik untuk lebih disiplin. “Baik disiplin waktu maupun disiplin berpakaian,” terang Atho’illah.

Selain itu, disiplin harus diterapkan dalam tata kelola keuangan, misalkan BOS, PIP, dan lainnya. Hal yang tak kalah lainnya yaitu kebersihan lingkungan. Lingkungan yang hijau, bersih, rapi, dan indah akan menarik perhatian masyarakat untuk menitipkan putra-putrinya menempa ilmu di madrasah.

Tak lupa, Atho’illah berpesan kepada jajaran ASN di madrasah, baik negeri maupun swasta untuk selalu berinovasi. “Sebagaimana yang selalu kita yel-yelkan pada apel pagi. Inovasi merupakan bagian dari lima  budaya kerja Kementerian Agama,” pungkasnya. — ss/bd