Ka. Kankemenag Tandatangani Nota Kesepahaman dengan Ka. Rutan

Pemalang – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang, Taufik Rahman, Selasa siang ini (11/04) menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan beberapa pihak. Penandatanganan nota kesepahaman diprakarsai oleh Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Pemalang.

Selain Kepala Kankemenag, Nota Kesepahaman ditandatangani oleh Kepala Rutan Hisam Wibowo, Asisten Pemerintah Setda Pemalang Aunurofik mewakili Bupati, Pasi Intel Kodim 0711/Pemalang Kapten Inf. Suprapto mewakili Dandim, Analis Kebijakan 1 Bag Ops Polres Pemalang Kompol Suharsono mewakili Kapolres, dan Kepala BNNK Tegal AKBP Windarto mewakili Kepala BNN Prov. Jawa Tengah.

Menurut Heri, pegawai Rutan, adanya nota kesepahaman sebagai pedoman bagi para pihak penandatangan untuk melaksanakan kerjasama dalam bidang pelayanan, pembinaan, dan pengamanan di Rutan Kelas IIB Pemalang.

Nota kesepahaman dimaksudkan untuk meningkatkan semangat dalam rangka membangun integritas melalui revolusi mental guna menjadikan pemasyarakatan yang bersih dari pungutan liar, narkoba, penyalahgunaan handphone, dan bersih dari segala bentuk penyimpangan.

Setelah penandatanganan nota kesepahaman, akan ditindaklanjuti dengan rencana kerja oleh para pihak. Nota kesepahaman berlaku untuk jangka waktu dua tahun terhitung sejak tanggal ditandatangani.

Kerjasama antara Rutan dengan Kankemenag dalam bidang pembinaan mental kepada petugas pemasyarakatan dan warga binaan pemasyarakatan. Taufik Rahman meminta kepada para Penyuluh Agama Islam yang turut hadir bersamanya untuk melaksanakan tugas pembinaan dengan sebaik-baiknya.

“Melalui penandatanganan nota kesepahaman ini menjadi dasar kerjasama antara Kankemenag dengan Rutan. Penyuluh diharapkan semakin meningkatkan kualitas pembinaan mental di Rutan,”jelas Taufik.

Penyuluh Agama Islam Kankemenag selama ini telah memberikan bimbingan penyuluhan agama dan pembangunan baik kepada petugas maupun warga binaan di Rutan setiap hari Selasa pagi. (fi/rf).