Kakankemenag Salatiga Pimpin Apel Hari Kebangkitan Nasional

Salatiga — Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga menggelar apel dalam rangka memperingati hari Kebangkitan Nasional ke 113. Kamis (20/5) di halaman Kantor Kementerian Agama kota Salatiga.

Apel  diikuti seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) satu atap di lingkup Kantor Kemenag Kota Salatiga. Bertindak sebagai pengambil apel, Kakankemenag Kota Salatiga, Taufiqur Rahman. Berbeda dengan apel-apel sebelumnya. Kali ini apel hanya menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya tepat jam 10.00 WIB. Adapun tema hari Kebangkitan Nasional pada tahun 2021 ini adalah “Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh!

Sebelum apel, Kepala Kemenag Kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman mengatakan  hari ini Hari Kebangkitan Nasional tanggal 20 Mei 2021, pada jam 10 tepat kita akan menyanyikan secara serentak lagu kebangsaan Indonesia Raya. Hal ini Menindak lanjuti seruan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Prov Jateng bahwa ASN Kemenag yang berada dalam satu atap untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya  tepat pukul 10.00 WIB.

“Tujuan dilaksanakan apel untuk membangkitkan semangat kebangsaan pada diri kita masing-masing. Apalagi kita ASN Kemenag untuk menjadi contoh kita melaksanakan moderasi beragama sebagai bangsa Indonesia,”

Taufiq menjelaskan Hari Kebangkitan Nasional ini mengingatkan kita kepada semangat untuk bergerak sebagai  bangsa, dengan tanpa memandang perbedaan suku, agama, ras dan golongan.

Sebelumnya Kakanwil Kemenag Prov Jateng, H. Mustain Ahmad menyampaikan seruan lewat media sosial berupa video bahwa tanggal 20 Mei 2021 , 113 tahun yang lalu tepatnya  20 Mei 1908 nenek moyang kita pendahulu bangsa kita, berhasil merumuskan semangat kebangsaan Nasionalisme dengan apa yang kita yang kita kenal dengan Kebangkitan Nasional.

“Membangkitkan  semangat Nasionalisme kita, cinta tanah air kita dan semangat persatuan kita dengan membentuk oraganisasi-organisasi moderen dengan semangat Budi Utomo. Budi Utomo budi luhur akhlakul karimah,” tutur Mustain Ahmad

Ditambahkan oleh Mustain Ahmad kegiatan ini mendukung gagasan dari Gubernur Jateng bapak  Ganjar Pranowo yang  terinspirasi seruan ngasto dalem Sri Sultan Hamengkubuwana X,  yang mengajak kita semua nanti jam 10 kita menyanyikan bersama serentak lagu kebangsaan Indonesia Raya.

“Saya ingin mengajak kepada semuanya untuk mengingatkan kepada lingkungan kita masing-masing, dan saya mengajak pada takmir masjid melaui pengeras suara masjid jam 9.55 WIB,  lima  menit sebelum jam 10 untuk mengingatkan kepada lingkungan kita masing-masing pada pukul  10.00 WIB  untuk bersama-sama  menyanyikan serentak lagu kebangsaan Indonesia Raya, hal ini dimaksudkan  untuk membangun semangat kebersamaan semangat kebangsaan.Bangkit Indonesia dalam semangat budi utomo semangat akhlakul karimah, “ pungkasnya.(Humas/Khusnul-Fitri).