Kakankemenag : Teguhkan Kembali Ideologi Pancasila

Semarang – Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati  setiap 1 Oktober 2021 menjadikan momentum bagi seluruh rakyat Indonesia untuk meneguhkan kembali Pancasila sebagai satu-satunya ideologi bangsa Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Semarang, H. Mukhlis Abdillah kepada tim Humas Kemenag Kota Semarang, Jumat (1/10/2021). Mukhlis menyampaikan selamat memperingati Hari Kesaktian Pancasila serta harapan-harapan atas peringatan hari bersejarah ini.

Menurut Mukhlis, peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini agar dijadikan momentum untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan patrotisme terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Semoga peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini dapat meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotismen kita kepada bangsa,” tutur Mukhlis.

Pancasila sebagai dasar negara hendaknya  dijadikan pedoman pergaulan masyarakat sehari-hari, utamanya di era disrupsi yang berpotensi besar menggerus moral bangsa. Oleh karena itu, Mukhlis mengimbau kepada masyarakat untuk menumbuhkan semangat nilai-nilai Pancasila sebagai dasar pergaulan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Dengan peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini, kami harap dapat menumbuhkan kembali semangat masyarakat menjadikan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar pergaulan berbangsa dan negara,” tandasnya.

Mukhlis berpendapat, Pancasila harus dijadikan sebagai satu-satunya ideologi NKRI. “Mati kita teguhkan Pancasila sebagai satu-satunya ideologi bangsa kita. Semoga kita mendapatkan rido dari Allah Swt,” tegas pria asal Kabupaten Purbalingga ini. –(dinta/iq)