Kakanwil : Guru harus siap menjadi teladan

Surakarta – Sebanyak 300 Guru Pendidikan Agama Kristen se-eks Karesidenan Surakarta mulai jenjang SD, SMP, SMA pagi ini hadir di Gereja Sidang Jemaat Allah (GSJA) Bukit Sion Surakarta pada perayaan natal sekaligus pembinaan oleh Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah. Hadir pula pada acara tersebut Pembimas Kristen, MH Gultom, Kepala Kankemenag Kota Surakarta, Muslim Umar, dan Kepala Dindikpora Kota Surakarta.

Ahmadi menyampaikan apresiasi atas semangat para guru untuk menyelenggarakan kegiatan ini, sebagai bentuk upaya peningkatan kualitas kehidupan beragama sekaligus meningkatkan motivasi untuk peningkatan kualitas dan profesionalitas guru. Ahmadi juga mengatakan adanya perubahan mindset untuk menjadikan indonesia yang berkepribadian berlandaskan gotong royong. “Revolusi mental ini menjadi tugas kita bersama untuk bisa terwujud dengan baik”, jelasnya.

Dijelaskan pula keanekaragaman yang ada tidak menjadikan alasan untuk merusak keharmonisan hubungan yang sudah terjalin baik, adem, ayem. Kementerian Agama mempunyai tugas untuk melestarikan kerukunan ini. Kita semua berkeyakinan, Indonesia bisa menjadi contoh di mata dunia dalam hal kerukunan umat beragama.

Terkait dengan pendidikan, Kakanwil menyampaikan bahwa pemerintah memberikan perhatian yang sabar besar dengan mengalokasikan anggaran yang tinggi, namun demikian dirasakan masih belum cukup untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pembinaan kehidupan beragama. Untuk itu diperlukan partisipasi masyarakat untuk bisa mensukseskan program itu. Tidak ada alasan bagi guru untuk tidak melakukan upaya peningkatan kualitas dan profesionalismenya dalam kegiatan belajar mengajar karena saat ini telah menerima tunjangan yang cukup besar.

Ahmadi juga mengingatkan pada 5 nilai Kementerian Agama agar benar-benar bisa dijadikan pedoman dalam seluruh perilaku sehari-hari. 5 nilai Kementerian Agama yang dikembangkan adalah integritas, profesionalitas. Inovasi, tanggung jawab dan keteladanan. Ahmadi menekankan nilai keteladanan yang harus dimiliki dan dikembangkan oleh para guru yang menjadi panutan bagi masyarakat khususnya para murid.

Gara Kristen Kota Surakarta, Siswo Martono menyampaikan kebahagiaan patra guru PAK atas kehadiran Kakanwil yang merupakan kegiatan natal yang diselenggarakan oleh guru PAK yang dihadiri oleh Kakanwil. Diharapkan dengan kehadiran dan Pembinaan Kakanwil dapat menjadi motivasi bagi guru untuk meningkatkan kinerja dan profesionalitasnya sehingga kualitas pembelajaran yang dilaksanakan semakin baik. (fat)