Kankemenag Bersama BAZNAS dan BWI Pemalang Papanisasi Tanah Wakaf

Pemalang – Kankemenag Kabupaten Pemalang hari ini, Jum'at (21/12) mengadakan kegiatan papanisasi tanah wakaf. Kegiatan tersebut sebagai rangkaian dari peringatan Hari Amal Bakti ke-73 di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang.

Tanah wakaf yang diberikan bantuan papan adalah tanah Masjid Baitul Muttaqien Desa Kalirandu Kecamatan Petarukan. Papanisasi dilaksanakan seusai pelaksanaan sholat Jumat dan pentasharufan zakat profesi di Masjid Baitul Muttaqien.

Sebelumnya pada bulan Agustus, Kankemenag Kabupaten Pemalang telah melaksanakan papanisasi tanah wakaf yang merupakan program Kankemenag bersumber dari DIPA tahun anggaran 2018.
Sementara untuk papanisasi kali ini hasil kerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Pemalang dan Badan Wakaf Indonesia (BWI) Kabupaten Pemalang. Kegiatan papanisasi terus digalakkan mengingat masih banyaknya tanah wakaf yang belum dipasang papan informasi.

“Kegiatan papanisasi tanah wakaf didasari masih banyaknya tanah wakaf yang sudah bersertifikat namun belum mempunyai papan tanah wakaf. Harapannya masyarakat mengetahui bahwa tanah tersebut adalah tanah wakaf yang sudah bersertifikat,” ujar Kepala Kankemenag, Taufik Rahman dalam sambutannya.

Tanah yang telah diwakafkan dengan kata lain tanah tersebut sudah menjadi milik Allah. Dalam hal ini negara melindungi tanah wakaf melalui bantuan papanisasi tanah wakaf. Bantuan ini diharapkan Taufik bisa menyadarkan wakif, nazir, maupun umat Islam untuk segera mengamankan tanah wakaf dengan mengurus sertifikatnya. Selain itu, diharapkan nazir berinistiatif untuk memasang papan wakaf pada tanah wakaf.

“Mari kita kelola wakaf dengan baik. Insya Allah para wakif dan nazir yang telah mengelola wakaf mendapatkan jaminan syurga. Kita gunakan masjid untuk kegiatan ibadah, kegiatan mencari ilmu,” kata Taufik mengakhiri sambutannya.

Kegiatan diakhiri dengan pemasangan papan tanah wakaf di halaman masjid yang terletak di pinggir jalan pantura. Taufik bersama Kapolsek dan Danramil Petarukan bergantian menuangkan semen pada tiang papan wakaf. Kegiatan ini turut disaksikan oleh Pengurus BASNAS, Pengurus BWI, Kepala KUA wilayah pantura, Penyuluh Agama Islam, tokoh agama, dan tokoh masyatakat. (fi/rf)