Kasubbag TU Ajak Umat Islam Jaga Toleransi

Pemalang – Dalam rangka menyemarakkan bulan Ramadhan tahun ini, Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Pemalang mempunyai agenda safari sholat Subuh bersama masyarakat Kabupaten Pemalang. Mengawali kegiatan, sholat Subuh dilaksanakan di Masjid Al Azhar Desa Blendung Kecamatan Ulujami, Selasa (30/5).

Kegiatan dimaksudkan untuk meningkatkan ketakwaan dan mempererat silaturahmi jajaran Kankemenag dengan masyarakat. Sholat subuh turut diikuti oleh Muspika, ASN KUA, Pengawas Madrasah dan PAI, Penyuluh Agama Islam, serta tokoh agama Islam Kecamatan Ulujami.

Seusai sholat, Kepala Subbag Tata Usaha Abdul Kodir mewakili Kepala Kankemenag menyampaikan sambutan. Dia menjelaskan jika Islam adalah agama rahmatan lil’alamin.
“Islam adalah agama rahmatan lil’alamin artinya Islam merupakan agama yang membawa rahmat dan kesejahteraan bagi seluruh alam semesta termasuk hewan, tumbuhan apalagi sesama manusia. Islam melarang manusia berlaku semena-mena terhadap mahluk Allah”, kata Kodir.

Oleh karena itu Kodir mengajak umat Islam untuk meningkatkan rasa toleransi antar umat beragama. Terlebih lagi sesama umat Islam, sudah tentu kita harus pererat ukhuwah islamiyah, ukhuwah basyariyah, dan ukhuwah wathoniyah.

Selanjutnya Kodir mengajak untuk menjaga persatuan dan kesatuan NKRI. NKRI adalah harga mati dengan dasar negara Pancasila. Apabila kita mendapati ada yang berusaha merongrong keutuhan NKRI, kita harus melaporkan kepada yang berwenang.

Dalam kesempatan ini dia juga menghimbau agar di bulan Ramadhan ini kita bisa menjadikan peluang emas serta menjadikan tarbiyah dan menggunakannya untuk meningkatkan ibadah.

Di akhir acara, Kodir bersama Muspika memberikan bantuan dari Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kankemenag untuk Masjid Al Azhar dan mustahik Kecamatan Ulujami. Bantuan yang diberikan berupa uang tunai senilai Rp10 juta dan sepuluh mushaf Al Qur’an. (kun/fi/rf)