Kegiatan Ramadan Secara Virtual Di RA Al Murtadho Salatiga

Salatiga— Menyambut bulan suci Ramadan 1442 H,  Raudhatul Atfal (RA) Al Murtadlo menyiapkan kegiatan anak-anak secara virtual. Mengingat pandemi yang belum juga berakhir, serta pertambahan kasus positif Covid -19 yang semakin masif di kota Salatiga, maka pilihan kegiatan secara virtual adalah langkah terbaik untuk saat ini. Meskipun kegiatan dilaksanakan secara virtual, diharapkan tetap menjaga semangat anak-anak dalam menyambut serta mengisi bulan suci Ramadan dengan kegiatan yang positif. Demikian disampaikan Kepala RA Al Murtadho Kota Salatiga, Nur Khasanah pada kegiatan Ramadan secara virtual, Selasa (4/5) di RA Al Murtadho Salatiga.

Diatambahkan oleh Nur Khasanah, kegiatan Ramadan di RA Al Murtadlo, diawali dengan merancang kegiatan bersama. Dalam rapat guru yang dipimpin Nur Khasanah, selaku kepala RA Al Murtadlo disepakati terlebih  dahulu materi yang akan diberikan kepada anak-anak. Adapun  materi yang akan diberikan kepada anak terdiri dari materi hafalan yang berupa: niat puasa, doa berbuka puasa dan hafalan surat pendek. Materi pengetahuan puasa terdiri dari: mengenal arti dan amalan puasa, hal-hal yang membatalkan puasa, zakat fitrah dan mengenal lailatul qodar. Sementara untuk tetap mengasah ketrampilan dan kreativitas materi kegiatan disampaikan melalui kegiatan membuat hasil karya, menirukan lagu dan menyimak video cerita tentang lailatul qodar. Untuk memudahkan orang tua dalam mendampingi kegiatan Ramadan anak-anak di rumah, terlebih dulu guru membuat video pembelajaran. Pembuatan video pembelajaran ini adalah kegitan rutin yang diberikan kepada anak dan orang tua selama pembelajaran dari rumah. Sejak pandemi terjadi setahun yang lalu, kegiatan Belajar di Rumah selalu disertai poster kegiatan dan video pembelajaran yang dikirim melalui Whatss App Grup kelas.

Selanjutnya Nur Khasanah menyampaikan Respon anak-anak dan orang tua dalam melaksanakan kegiatan Ramadan di rumah sungguh luar biasa. Hal itu terlihat dari video kegiatan anak-anak saat di rumah. Anak-anak dengan semangat mengirim kegiatan hafalan, menirukan lagu dan membuat hasil karya. Sesuai lembar kreativitas yang dibagikan kepada anak melalui orang tua di bulan Ramadan, hasil karya yang dibuat anak antara lain membuat ketupat, menggunting rumbai-rumbai sajadah, kolase masjid serta menceritakan gambar pembagian zakat. Orang tua menyambut baik kegiatan ini, dengan adanya kegiatan ini,  bisa memberikan pembelajaran positif anak-anak selama kegiatan Ramadan di rumah.

Di akhir kegiatan Ramadan, Nur Khasanah mengatakan  sekolah menyiapkan piagam penghargaan yang berisi ucapan terima kasih serta hasil penilaian kegiatan Ramadan. Piagam penilaian Ramadan ini akan dibagikan pada hari Jum’at-Sabtu (7-8/05) bertempat di RA Al Murtadlo dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Piagam penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi kepada anak dan orang tua yang telah mengikuti kegiatan Ramadan secara virtual.

Demikian kegiatan Ramadan secara virtual di RA Al Murtadlo. Melalui kegiatan ini diharapkan anak-anak memiliki pengetahuan tentang  Ramadan, memiliki ghirah yang tinggi mengisi Ramadan dengan amalan terbaik, pungkas Nur Chasanah.(Humas/Khusnul-Fitri-Nur Kh)