Kemenag Anggarkan Bantuan Pendidikan Usia Dini

Magelang – Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Kab. Magelang Fatchur Rochman,  mengharapkan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) bagi  RA dan BA di lingkungan Kankemenag Kab. Magelang dapat dioptimalkan sehingga dapat memberikan layanan pendidkan yang terjangkau dan bermutu.

Harapan tersebut disampaikan kepada 66 Guru RA/BA sekabupaten Magelang pada Rapat Koordinasi dan Pelaporan BOS, BOP, dan PIP Seksi Pendidikan Madrasah di Gedung Serba Guna KPRI Kokarda, kompleks Kantor Kemenag Kab. Magelang, Rabu (08/02).

Rapat Koordinasi dihadiri oleh Kepala Kankemenag Kab. Magelang Kudaifah, dan Pengawas Pendidikan Islam serta diiikuti oleh 66 peserta perwakilan guru RA/BA di Kabupaten Magelang.

Fatchur Rochman menyampaikan bahwa Kementerian Agama menganggarkan program Bantuan Operasional Pendidikan bagi RA/BA untuk mendukung pelaksanaan program pendidikan usia dini (PAUD). Program tersebut diharapkan mampu mampu membantu dalam memenuhi biaya operasional Pendidikan RA/BA dalam memberikan layanan pendidikan yang terjangkau dan bermutu.

“Bantuan Operasional Pendidikan yang dimaksud yaitu berupa pemberian dana langsung kepada lembaga Pendidikan Usia Dini RA dan BA yang besarnya disesuaikan dengan dana DIPA Kementerian Agama Kabupaten/Kota,” ungkapnya.

Melalui rapat koordinasi tersebut, Fatchur Rochman berharap  dana bantuan pendidikan ini dapat dikelola dengan baik sesuai aturan dan petunjuk yang diberikan.

“Saya berharap BOP ini nanti dapat dikelola dengan transparan, akuntabel, tepat sasaran, dan tepat administrasi sehingga terhindar dari penyimpangan,” katanya.

Fatchur Rochman menyampaikan ada 4 (empat) hal terkait pelaksanaan bantuan dana bantuan operasional pendidikan yaitu koordinasi pihak terkait, evaluasi program BOP, persiapan pencairan BOP, dan penyusunan laporan BOP. (athoy/m45k/Af)