Kemenag Kabupaten Wonosobo Lepas Ratusan Jemah Haji

Wonosobo – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo melalui Kasi Gara Haji dan Umroh, lepas ratusan jemaah haji asal Kabupaten Wonosobo secara bertutut-turut. Rabu (25/7). Dengan jadwal pemberangkatan di mulai dari kloter 31 pada hari Rabu, 25 Juli ini, dan di susul kloter selanjutnya dengan selang waktu yang berbeda. 

Ratusan jemaah tersebut tercatat sebanyak 761 calon jemaah haji, yang di bagi menjadi 3 kloter, yakni kloter 31, 32 dan Kloter 33. Adapun  jumlah masing-masing kloter adalah untuk kloter 31 diisi oleh 52 calon jemaah, kemudian kloter 32 ada 355 calon jemaah dan kloter yang terakhir yakni kloter 33 berjumlah 354 calon jemaah.

Adapun pelepasan secara simbolis juga telah di lakukan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo, M Thobiq, yang melepas puluhan jemaah haji kloter 31 asal Kabupaten Wonosobo. Turut mendampingi, Bupati Wonosobo, Eko Purnomo, yang juga hadir langsung ke lokasi untuk melepas jemaah haji asal Kabupaten Wonosobo menuju tanah suci. 

Selain Kepala Kantor Kemenag dan Bupati Wonosobo, turut hadir pula dalam pelepasan, yakni Komandan Koramil 01 Wonosobo yang mewakili Dandim 0707, Ketua DPRD, Kapolres, Assisten III, dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo.

Dalam kesempatan tersebut, M Thobiq, selaku Ka Kan Kemenag Wonosobo menghimbau, solidaritas harus terus di pupuk ketika melakukan ibadah di tanah suci.

“Selamat jalan jemaah haji asal Wonosobo, semoga bisa selamat sampai tanah suci dan tidak ada halangan apapun. Perlu di ingat, bahwa suhu maupun kondisi cuaca di tanah suci itu berbeda dengan di Wonosobo, kalau di Wonosobo dingin bisa mencapai 11 derajat, kalau tanah suci mungkin bisa menjadi kelipatannya. Jadi untuk jemaah di harapkan bisa menjaga kesehatan dan mampu beradapstasi dengan cuaca disana, dan selalu mengutamakan nilai solidaritas antar jemaah, saling menjaga satu sama lain agar ibadah dan semuanya berjalan dengan lancar. Untuk kesempatan kali ini, saya pribadi mengucapakan selamat jalan semoga menjadi haji mabrur, sekaligus ucapan terimakasih kepada lintas sektoral terkait dan panitia,” ungkap Thobiq.

Sementara itu, Bupati Wonosobo, Eko Purnomo dalam sambutannya juga menyampaikan, Jemaah Calon Haji (JCH) harus menjadi tamu yang baik selama di tanah suci haramain.

“Jemaah Calon Haji merupakan tamu Allah yang dimuliakan oleh-Nya, oleh karena itu, jemaah calon haji harus menjadi tamu yang baik selama di tanah suci haramain. Yakni berkewajiban untuk senantiasa menjaga martabat dan kehormatan bangsa Indonesia, di mata kaum muslimin se dunia, maupun Shohibul Bait negara Arab Saudi. Jaga dan kembangkan terus, Ukhuwah Imaniyah, Ukhuwah Islamiyah dan Ukhuwah Wathoniah, selama dalam pelaksanaan ibadah, sampai pulang kembali ke tanah air,” jelas Bupati Eko Purnomo dalam sambutannya. (Ps-Ws/Sua)