Kemenag Klaten Gelar Retret Bagi Kaum Muda Katolik Tingkat SMA/SMK

Klaten-Dalam rangka meningkatkan iman dan menanamkan nilai-nilai iman kristiani kepada kaum muda, Penyelenggara Katolik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten menggelar acara retret bagi siswa siswi Katolik se Kabupaten Klaten yang diikuti oleh 50 siswa siswi perwakilan dari sekolah-sekolah tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Klaten berlangsung 29-31 Oktober 2021, bertempat di hotel Eden 2 Kaliurang, Yogyakarta, Jumat, (29/10).

Kasubbag TU Kemenag Klaten, Sudarsana menyampaikan, kaum muda (siswa-siswi) bagi Gereja adalah harapan akan masa depan Gereja, di samping sebagai pewaris kepemimpinan dalam Gereja. Kaum muda sering juga dikatakan emas bagi Gereja, sesuatu yang sangat berharga.

“Jika kaum muda tidak dapat kita menangkan mereka pada masa-masa emas ini, Gereja akan kehilangan kesempatan untuk membina menjadi kan mereka sebagai penerus dan penjaga iman,” kata Sudarsana.

Selanjutnya, lebih dari dua tahun pandemi Covid 19 merajalela, mampu memisahkan manusia dengan berbagai kegiatan atau rutinitas hidup yang menjadikan manusia terasa jauh dari sesamanya dan jauh dari Tuhan, karena tidak bisa berkumpul dengan leluas, tidak bisa melakukan peribadatan secara offline, sehingga semua itu akan berdampak pada pola sikap dan pola hidup seseorang.

“Kerinduan untuk berbaur, berkegiatan dan berkomunikasi secara langsung sangat dirasakan oleh masyarakat/umat, bahkan dampak dari kurangnya relasi dengan sesama secara langsung berakibat kurang baik bagi perkembangan iman seseorang,” imbuh Sudarsana.

“Semoga kegiatan ini membuka wawasan yang lebih luas akan imannya, sehingga kaum muda akan mampu menghayati imannya di era sekarang ini,” harapnya.(ad_aj/Sua)