Kemenag Kota Semarang Selenggarakan Rakor Manasik Haji 1438 H

Semarang – Dalam rangka koordinasi persiapan penyelenggaraan manasik calon jemaah haji tahun 1438 H Kementerian Agama Kota Semarang melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi, Kamis (22/06). Kegiatan diikuti oleh 16 Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan se-Kota Semarang beserta pegawai seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kankemenag Kota Semarang di Ruang Rapat kantor setempat.

Kepala Seksi PHU Ahmad Samsudin menyampaikan, kegiatan rakor bertujuan mempersiapkan berbagai hal terkait persiapan penyelenggaraan manasik calon jemaah haji di tingkat kecamatan dan Kota Semarang. “Manasik haji tingkat Kota Semarang insya Allah akan dilaksanakan Sabtu (08/07) di aula Kampus III UIN Walisongo Semarang,” kata Kasi PHU.

Ia melaporkan, berdasarkan data tahun 1438H, jumlah calon jemaah haji Kota Semarang yang akan mengikuti manasik sejumlah 2036 jamaah. Dengan rincian, jemaah terbanyak dari Kecamatan Pedurungan 447 orang dan paling sedikit dari Kecamatan Semarang Tengah 27 orang.

Pada pengarahannya Kepala Kankemenag Kota Semarang Muh Habib menghimbau kepada semua panitia yang terlibat pada kegiatan manasik haji baik di tingkat kota maupun kecamatan agar melaksanakan kegiatan sesuai peraturan dan petunjuk teknis yang telah ditetapkan.

“Segera membuat laporan pasca kegiatan berlangsung dan buat pertanggungjawaban penggunaan anggaran sesuai ketentuan yang berlaku,” tegas Kakankemenag.

Ia menekankan pelayanan haji termasuk tugas dan fungsi Kementerian Agama yang selalu mendapatkan sorotan dari masyarakat. Oleh karenanya Habib berpesan, agar meningkatkan pelayanan kepada jamaah calon haji termasuk pada saat pelaksanaan manasik. “Jangan sampai ada aduan masyarakat terkait ketidakpuasan pelayanan,” tegasnya kembali.

Mengingat waktu yang tinggal beberapa hari, Kakankemenag meminta kepada Kasi PHU dan jajarannya untuk bekerja ekstra cepat dalam mempersiapkan segala sesuatu terkait kegiatan manasik dan kegiatan lain seputar pemberangkatan jemaah haji.

Tahun ini kegiatan manasik calon jemaah haji Kota Semarang akan dilaksanakan 8 kali mulai tanggal 8, 9, 12, 15, 16, 19, 22 dan 23 juli 2017. Manasik calon jemaah haji tingkat Kota Semarang dilaksanakan 2 (dua) kali tanggal 8 dan 15 Juli bertempat di kampus III UIN Walisongo sedangkan tingkat kecamatan bertempat di masing-masing kecamatan.

Bagi calon jemaah haji Kota Semarang yang membutuhkan informasi lebih lanjut dapat menghubungi seksi PHU Kantor Kementerian Agama Kota Semarang melalui (024) 7624531 atau menghubungi KUA setempat.(ch/gt)