Kemenag pelayan semua umat beragama

Pemalang – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang, Taufik Rahman menghadiri acara pembinaan umat berdasarkan undangan dari Gereja Katholik Santo Lukas Kabupaten Pemalang (27/9) pukul 18.00 WIB. Turut hadir pula Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Pemalang, Mudatsir Masud.

Kehadiran Kepala Kankemenag sebagai bagian tugas pokok dan fungsi Kementerian Agama berangkat dari visi dan misi Kementerian Agama. Taufik menekankan bahwa Kankemenag Kabupaten Pemalang melayani semua umat beragama dari enam agama yang diakui oleh Pemerintah.

Visi Kementerian Agama adalah terwujudnya masyarakat Indonesia yang taat beragama, rukun, cerdas, mandiri dan sejahtera lahir dan batin. Dan salah satu misi Kementerian Agama adalah meningkatkan kualitas kehidupan beragama. Dengan adanya kualitas kehidupan beragama yang baik pada akhirnya akan mewujudkan masyarakat yang makmur dan sejahtera.

Dia menjelaskan pada intinya semua agama mengajarkan kebaikan dan mengajak umatnya untuk menuju kebaikan. Dengan adanya pemahaman ajaran agama yang baik maka akan membentuk suatu umat beragama yang senantiasa berbuat kebajikan.

Salah satu implementasinya adalah menjaga hubungan baik antar umat beragama. Toleransi antar umat beragama yang terjaga dengan baik akan mewujudkan kerukunan umat beragama.

Kerukunan umat beragama di Kabupaten Pemalang umumnya sudah berjalan dengan baik. Salah satu fungsi FKUB Kabupaten Pemalang sebagai wadah untuk menjembatani komunikasi antar umat beragama di Kabupaten Pemalang.

Taufik menghimbau kepada para tokoh agama agar memberikan suri tauladan dalam kehidupan sehari-hari. Jabatan Kepala Kankemenag, jabatan Romo, dan jabatan lainnya hanya sekedar bungkus, intinya adalah pengabdian dan pelayanan kepada umat.

Sebelumnya, Romo Frans Kristi Adi Prasetya dalam sambutannya menyampaikan terima kasih yang tak terhingga atas kehadiran Kepala Kankemenag sebagai pembina umat beragama di Kabupaten Pemalang. (Fajar)