Kemenag Rembang Himpun Dana Rp 13,8 Juta Untuk Korban Bencana NTB

Rembang – Kankemenag Kabupaten Rembang telah menghimpun dana untuk korban gempa bumi di NTB sebanyak Rp 13.816.000. Dana itu diserahkan ke Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah untuk disalurkan ke NTB.

Kepala Kankemanag Kabupaten Rembang, Atho’illah menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada segenap ASN yang turut menyisihkan sebagian rezekinya untuk para korban bencana di Lombok.

“Kami sampaikan apresiasi yang tinggi atas kepedulian segenap ASN untuk korban bencana di NTB. Rezeki yang penjenengan sisihkan adalah berinfaq di jalan Allah dan tabungan untuk akhirat,” kata Atho’illah.

Atho’illah mengatakan, sedikit bantuan ini semoga bisa meringankan dan memulihkan kondisi masyarakat NTB yang memprihatinkan. “Bencana di NTB ini telah menggerakkan nurani masyarakat, utamanya keluarga besar Kementerian Agama Kabupaten Rembang untuk meringankan beban mereka yang sedang tertimpa keerpurukan,” ujar Atho’illah.

Selain dari ASN Kankemenag, donasi tersebut juga terhimpun dari satker madrasah dan KUA. Bahkan beberapa madrasah mengerahkan siswanya untuk menghimpun dana dari lingkungan madrasah dan masyarakat sekitar madrasah.

Kepala MTsN 5 Rembang (MTsN Sale), Supalal mengatakan, pihaknya turut mendorong siswa MTsN 5 Rembang untuk turut berempati kepada korban bencana di NTB. “Kami melatih siswa untuk memiliki rasa kepekaan sosial yang tinggi. Salah satunya dengan ikut berkontribusi menyisihkan sebagian uang sakunya untuk bantuan ini,” kata Supalal.

Sebagaimana diberitakan, gempa bumi berkekuatan 7 SR mengguncang bumi Lombok, NTB pada Minggu malam (5/8/2018) hingga beberapa hari kemudian. Gempa bumi ini telah memakan ratusan korban meninggal dunia, dan ribuan orang lainnya luka-luka. — iq/bd