Kepala Kantor Kemenag Tegal Ajak Madrasah Raih Prestasi dengan Tingkatkan Kinerja

Tegal (Slawi) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Tegal, Sukarno, mengajak semua Madrasah baik negeri maupun swasta di Lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Tegal untuk meraih prestasi dengan meningkatkan kinerja. Hal itu disampaikan  dalam sambutannya membuka kegiatan Sosialisasi Persiapan Teknis Pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN-BK) Tahun Pelajaran 2018/2019. Sosialisasi yang dilaksanakan pada Selasa (12/02), di Hotel Grandian Slawi, dihadiri oleh 90 (sembilan puluh) peserta yang terdiri dari 16 (enam belas) orang  Kepala MA dan dan 74 (tujuh puluh empat) orang Kepala MTs.

Menurut Sukarno, Tahun Pelajaran 2018/2019 menjadi kesempatan yang pertama bagi MTs di Kabupaten Tegal untuk secara serentak  mengadakan UAMBN-BK. Pihaknya sangat mendorong Seksi Madrasah dan para Kepala MTs untuk mempersiapkannya secara maksimal.  Meskipun pelaksanan ini merupakan yang pertama kali, Sukarno mengajak untuk melaksanakan dengan sebaik-baiknya. Bila perlu tunjukkan prestasi bahwa MTs di Kab. Tegal tidak kalah dengan MTs di tempat lain. MTs Kab. Tegal siap bersaing dan mengukir prestasi.

“Tidak usah takut dan ragu untuk melakukan sesuatu yang baru. Yang penting setiap tindakan kita ada dasarnya, yaitu regulasi yang mengaturnya. Jadikan regulasi sebagai pedoman dan patokan dalam bekerja. Insya Allah semuanya akan lancar,” ajak Kepala Kantor.

Kepada para Kepala MA dan MTs, Sukarno menambahkan bahwa setelah mengacu pada regulasi, maka langkah selanjutnya adalah bekerja dengan cepat, tepat, tuntas dan akuntabel. Hal ini tentu mengandaikan sumber daya manusia yang mumpuni, yang selalu mau berbenah diri dan tidak terkungkung dengan pola kerja lama yang tidak kreatif dan tidak inovatif, atau sekedar menjalankan tugas, dan jatuh pada rutinitas belaka.

“Mari kita berubah dan berbenah menjadi lebih baik. Kita wujudkan motto Madrasah bahwa Madrasah lebih baik dan lebih baik Madrasah. Buktikan kepada masyarakat Kabupaten Tegal bahwa Madrasah adalah pilihan utama, bukan pilihan alternatif. Kita semua mendapat amanah untuk mewujudkan Madrasah yang berprestasi. Itu semua bisa terwujud bila saling bersinergi dan meningkatkan kinerja kita,” ajak Soekarno memotivasi.

Di akhir sambutannya, Sukarno mengajak peserta yang hadir untuk lebih meningkatkan koordinasi dalam bekerja. Koordinasi itu bisa diwujudkan dengan lebih menghidupkan dan mengefektifkan Kelompok Kerja Madrasah (KKM).

“Jadikan KKM sebagai wadah untuk bekerja sama dan mencari solusi kreatif dalam menghadapi persoalan dan tantangan yang dialami Madrasah. Evaluasi dan perbaiki terus kinerja KKM, agar ke depan semakin baik dan dapat menjadi basis penguatan Madrasah,” pesan Sukarno. (AS/Wul)