Kepala Puskesmas Batang Ikut Mendukung Kegiatan Pembinaan Berkah Membangun Relasi Harmonis

* Kepala Puskesmas Batang Maizun sedang memberikan materi tentang kesehatan keluarga

Batang – Pada lanjutan kegiatan Belajar Rahasia Nikah (BERKAH) KUA Kecamatan Batang pada Rabu (01:09) ini menghadirkan Kepala KUA Kecamatan Batang yang ikut memberikan materinya tentang Kesehatan keluarga.

Fasilitator yang mendampingi peserta dalam bimbingan berkah ini antara lain H. Sodikin (Kasi Bimas Islam) menyampaikan materi tentang mengenal diri dan pasangan serta visi misi pernikahan.

Kepala Puskesmas Batang IV Maizun pada kesempatan ini menyampaikan materi tentang pentingnya pengetahuan mengenai alat reproduksi mulai dari karakteristik alat reproduksi laki-laki dan perempuan, pemahaman sistem reproduksi, dan pemahaman tentang kondisi psikis khususnya pada perempuan saat menstruasi, hamil, dan menyusui.

“Salah satu faktor pendukung keharmonisan dalam rumah tangga adalah kondisi keluarga yang sehat. Kesehatan keluarga adalah pengetahuan tentang keadaan sehat fisik, jasmani dan sosial dari individu-individu yang terdapat dalam satu keluarga. Oleh karena itu pasutri harus mengetahui ilmu mengenai alat reproduksi mulai dari karakteristik alat reproduksi laki laki dan perempuan,” kata Maizun.

” Slamet Hasanudin salah satu fasilitator sedang mengevaluasi kegiatan hari ini pada peserta

Lebih lanjut dia mengatakan memahami system reproduksi serta kondisi psikis kususnya saat wanita mengalami menstruasi, hamil dan menyusui maka suami akan dapat memperlakukannya dengan baik.

“Pemahaman sistem reproduksi, dan pemahaman tentang kondisi psikis khususnya pada perempuan saat menstruasi, hamil, dan menyusui. Diharapkan seorang suami bisa memahami kondisi psikis istri pada fase-fase tersebut sehingga mampu memperlakukan pasangan dengan baik,” paparnya.

Dia juga mengingatkan kepada para peserta bahwa dalam kondisi pandemi ini mohon semuanya saja bisa mengikuti vaksinasi Covid-19. Pahami bahwa kondisi saat ini masih rawan penularan covid-19 untuk itu gaya hidup baru seperi memakai masker, selalu mencuci dengan sabun, menjauhi kerumunan tetap dilakukan meskipun sudah melakukan vaksinasi.

” Kondisi yang mendesak saat sekarang untuk menjaga kesehatan keluarga adalah ikhtiar kita mencegah tertularnya covid 19, oleh karena itu marilah semuanya saja agar mendatangi faskes untuk melaksanakan vaksinasi, dan tetap terus melaksanakan protocol kesehatan, ” tambahnya.

Sementara itu H. M. Fatchurohman, Kepala KUA Kecamatan Blado menyampaikan materi seputar Membangun hubungan dan dinamika perkawinan yang berisi  tentang tahap perkembangan hubungan, penghancur dan pembangun hubungan, serta manajemen konflik.

Sedangkan disesi terakhir tentang evaluasi dan refleksi dipandu oleh Slamet Hasanudin, Penyuluh Agama Islam Fungsional, perwakilan peserta bersedia menyampaikan kesan dan pesannya selama mengikuti bimbingan pusaka sakinah selama satu hari tersebut. (Hasanudin/Zy)