Khidmat dan Meriah, Harlah Ke-25, MAN 1 Jepara

Jepara – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-25, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jepara adakan berbagai kegiatan yang berlangsung selama dua hari, pada 24 dan 25 Maret 2018.

Kegiatan dipusatkan di dua lokasi yang jaraknya saling berdekatan, yaitu di Halaman MAN 1 Jepara dan di lahan seluas 4000 meter persegi di sebelah barat madrasah yang rencananya dibangun asrama (boarding) bertaraf nasional.  

Pada hari pertama, Sabtu, 24 Maret 2018, acara diisi dengan Madrasah Bersholawat bersama Habib Helmy Ibn Hasan Al Aydrus dan Hadrah Muhabatturrasul.

Tampil sebagai pembicara atau mauidhoh khasanah adalah Drs. K.H Muhammad Asyiq, mantan Kepala MAN 1 Jepara yang juga Ketua MUI Kabupaten Demak. Acara diikuti dengan penuh khidmat oleh seluruh siswa, guru dan pegawai, orang tua siswa, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat di sekitar madrasah.

Dalam sambutannya, kepala MAN 1 Jepara, Ah Rif’an, mengatakan bahwa peringatan harlah merupakan momentum bagi segenap warga madrasah, utamanya siswa untuk menguatkan iman dan taqwa, mengobarkan ghirah untuk belajar dan berlomba-lomba dalam prestasi.

Ditengah-tengah acara, Kepala bersama-sama dengan tokoh masyarakat melakukan pemotongan tumpeng sebagai ungkapan rasa syukur atas  rahmat Allah SWT , sekaligus menandai dibukanya situs pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online, yang dapat diakses oleh masyarakat luas di www.ppdb.man1jepara.sch.id.

Setelah sholawat selesai, dilanjutkan dengan  bazar sembako murah. Panitia menyediakan 500 paket sembako, terdiri dari beras, gula, dan kebutuhan rumah tangga lain dengan harga sangat terjangkau.

Kemeriahan acara harlah berlanjut pada hari ke-2, Minggu, 25 Maret 2018. Para siswa, guru, alumni, dan masyarakat umum berbaur jadi satu, mengikuti senam aerobik dengan antusias, yang dilanjutkan dengan jalan sehat mengitari lingkungan sekitar madrasah.

Usai jalan sehat, peserta kembali ke lokasi dan menikmati makanan tradisional yang telah disediakan secara gratis. Acara semakin meriah dengan pembagian doorprize dari beberapa sponsor yang mencapai lebih dari 100 buah. Adapun hadiah utama adalah 2 buah springbed, dan  yang beruntung mendapatkannya adalah salah satu siswa kelas X.

Akhirnya, acara harlah MAN 1 Jepara berakhir pada pukul 12.00 dan para peserta kembali ke rumah masing-masing dengan raut wajah puas dan bahagia. (rofiq/bd)