KKG PAI Gelar Tahtimul Qur’an dan Istigasah

Semarang – Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG PAI) SD Kecamatan Candisari Kota Semarang menyelenggarakan kegiatan Tahtimul Qur’an, diikuti oleh 450 siswa kelas VI se-Kecamatan Candisari. Kegiatan berlangsung di Masjid Raya Candi Lama Jl. Dr.Wahidin, Selasa (09/05).

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Roziqin (GPAI SD Candi 01), dilanjutkan dengan laporan ketua panitia Mustajib (GPAI SD Tegalsari 01). Ketua Panitia memaparkan bahwa Tahtimul Qur’an ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2002 dan berjalan secara rutin setiap tahun, sedangkan tahun ini merupakan kegiatan ke XV.

Tujuan dari  kegiatan Tahtimul Qur’an adalah untuk membentuk generasi muda yang cinta Alqur’an dan siswa lulusan SD harus sudah khatam juz 30. “Alhamdulillah walaupun dilaksanakan dengan cara yang sangat sederhana tapi tidak mengurangi makna dari acara tersebut. Pengurus KKG PAI SD Kecamatan Candisari berharap agar acara ini tetap berlangsung setiap tahun sehingga akan selalu tumbuh generasi muda yang cinta Alqur’an,” ujar Mustajib.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Semarang pada kesempatan tersebut diwakili oleh Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Rachmad Pamudji  yang membuka acara. Selain itu dihadiri oleh Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Candisari Mahmudah, Pengawas Pendidikan Agama Islam Kecamatan Candisari Siti Misriyah. Hadir pula Pengawas TK/SD, Kepala Sekolah, Bapak/Ibu Guru PAI dan Ibu Noer Djannah selaku penggagas acara Tahtimul Qur’an.

Kasi PAIS mengapresiasi acara Tahtimul Qur’an ini karena di era tekhnologi sekarang  beberapa generasi muda mulai meninggalkan Alqur’an dan lebih menyukai  gadgetnya. Hal tersebut dapat membentengi para generasi muda supaya tidak terjerumus ke dalam arus globalisasi khususnya yang berbau negatif seperti narkoba, pornografi dan kenakalan remaja lainnya. “Dengan Tahtimul Qur’an akan mencetak generasi muda yang cinta Alqur’an dan menjadi anak muda yang Qur’ani,” tegas Kasi PAIS.

Sementara Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Candisari berpesan agar acara ini selalu dilestarikan dan tetap dilaksanakan dalam rangka membentuk siswa-siswi yang berbudi pekerti luhur, taat kepada Tuhan YME, Allah SWT.

Acara tersebut juga dimeriahkan oleh Group Rebana SD Karanganyar Gunung 01 dibawah asuhan GPAI Sukarno. Selain itu juga ada penampilan PILDACIL ananda Thalita (kelas VI SD IT Bunayya) peraih juara I lomba Pildacil Kota Semarang.

Pada akhir acara diserahkan piagam Tahtimul Qur’an oleh Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Candisari dan diakhiri dengan bermusyafahah seluruh siswa untuk mohon do’a restu demi kesuksesan dan kelancaran pelaksanaan Ujian Sekolah SD tahun pelajaran 2016/2017.(ischa-ch/gt)