Kolaborasi KBIH, Pengisian Formulir Perdim 11 Lebih Efektif

Cilacap – Dalam rangka memberikan layanan terbaik bagi calon jamaah haji 2018, Kantor Kementerian Agama menggunakan teknik kolaborasi. Melalui Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Kemenag Cilacap menyisipkan sosialisasi pengisian formulir Perdim 11 di sela-sela bimbingan manasik.

Mayoritas bahkan hampir seluruh jamaah haji Kabupaten Cilacap tergabung dalam KBIH. Hal ini membawa keuntungan tersendiri bagi jamaah yakni menciptakan jamaah yang mandiri. Kemenag Cilacap membaca celah yang tersedia untuk mengefektifkan sosialisasi pengisian Perdim 11.

Adapun teknik optimalisasi peran KBIH dengan menjadikan Kantor Urusan Agama (KUA) sebagai koordinator di tiap kecamatan. Hasilnya terbukti efektif mempercepat penyelesaian pengisian Perdim 11.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap, melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah, Khumsiatiningsih mengatakan, KBIH sebagai mitra ternyata merasa lebih berguna dengan adanya materi sosialisasi pengisian Perdim 11. Selama ini KBIH murni hanya memberikan materi manasik yang kaitannya dengan ibadah murni.

Proses pembuatan paspor sebagai salah satu syarat calon jamaah haji pergi ke tanah suci erat kaitannya dengan kelancaran ibadah. Karenanya pihaknya mengambil inisiatif sosialisasi pengisian formulir Perdim 11 dalam materi manasik. Selain pihak KBIH, para calon jamaah haji pun merasa semakin semangat dalam mengikuti bimbingan manasik. Hal ini dikarenakan seolah-olah keberangkatannya sudah sangat dekat walaupun nyatanya masih lama.

“Dengan ditambahkan materi dalam sela-sela kegiatan manasik membuat calon jamaah haji semakin bersemangat. Para pengelola KBIH tentu lebih mengenali karakter jamaahnya. Sehingga mereka juga sangat memahami teknik bagaimana cara memberikan pencerahan. Dan jamaah merasa terbantu sekali hingga saat jadwal pengisian formulir Perdim 11 mereka sudah paham. Sehingga waktu pengisian lebih cepat dan minim kesalahan,”Ujarnya.

Menurutnya, layanan tersebut sebagai wujud tindaklanjut dari Sosialisasi Pelayanan Penerbitan Dokumen Perjalanan Republik Indonesia (DPRI) bagi Jamaah Calon Haji Kabupaten Cilacap Tahun 2018 dari Kantor Imigrasi Kelas II Cilacap. Kuota jamaah haji Kabupaten Cilacap 2018 sebanyak 915, lembar Perdim 11 yang sudah selesai mencapai di atas 90%.(On/bd)