Kreatif dan Menghibur Gebyar Pentas Seni Masega

Purbalingga – Usai sepekan melaksanakan Ujian Praktek MTs Ma’arif NU 10 Krenceng – Purbalingga (Masega) menggelar Gebyar Pentas Seni yang diikuti 87  siswa-siswi kelas IX di komplek madrasah setempat, Sabtu (2/3/2019). Kepala Madrasah, Basrun menjelaskan, Ujian Praktek yang dimaksud telah dilaksanakan sejak 25 Februari  lalu dengan 12 mata pelajaran yang diujikan.

Ia menambahkan, kegiatan Pentas Seni yang dilaksanakan kesekian kalinya tersebut bertujuan agar siswa mengenal dan memahami hakikat seni. Selain itu juga dimaksudkan untuk membentuk kepribadian dan perwatakan yang baik melalui seni teater serta memupuk kepercayaan pada diri sendiri menuju sebuah kemandirian.

Menurutnya, dari berbagai penampilan siswa di atas panggung pertunjukan didominasi seni teatrikal.

“Tidak ada batasan seni yang ditampilkan, siswa bebas berkreasi. Ada drama, band dan pertunjukan tarian tradisional. Beberapa cerita yang menarik dari penampilan para siswa tesebut yaitu Roro Jonggrang, Anoman Obong, Dokter Gila, Pantomim dan kisah keprihatinan yang membawa kebahagiaan,” jelasnya.

Ia juga berpesan agar para siswa mempelajari segala sesuatu dengan giat apapun bentuk ilmunya, karena tidak ada hal yang sia-sia dalam belajar.

“Belajar seni itu indah, juga salah satu cara untuk awet muda. Selain itu dengan seni kita juga bisa berkarya,” ungkapnya.

Kreatif

Salah satu anggota tim penguji, Sri Mulyati menilai penampilan para siswa secara umum cukup bagus dan kreatif. Ia pun memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para peserta yang telah berusaha secara maksimal. Selain itu ia berpesan agar para siswa terus mengembangkan kreativitas  untuk menggali bakat dan potensi mereka. Ia juga berharap agar kegiatan tersebut terus dilestarikan dalam rangka menumbuhkembangkan minat, bakat dan kreativitas para siswa. (dwi-sar/bd)