Kuatkan Diri, Kemenag Brebes Menuju WBK dan WBBM

Brebes. – Tim Pembangunan Zona Integritas (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes mengadakan rapat lanjutan pembinaan ZI, Jumat, (19/11/2021) via zoom. Yang dikuti oleh seluruh pejabat dilingkungan Kankemenag Brebes, seluruh kepala madrasah negeri se-kabupaten Brebes baik MAN, MTsN dan MIN serta kepala KUA kecamatan se-Kabupaten Brebes.

Rapat zoom ini dimaksudkan untuk memberikan dorongan dan motivasi bagi seluruh elemen Kementerian Agama Brebes yang sedang berproses melaksanaan pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM.

Menurut Ketua Tim ZI yang juga Kasi Pendidikan madrasah, Imam Ghozali menuturkan rapat tersebut digelar menggunakan zoom meeting karena efektifitas mengingat tingginya kesibukan para peserta sehigga  diadakan secara online. Rapat mendengarkan arahkan dan bimbingan dari kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes, serta akan berdiskusi mencarikan solusi atas permasalahan yang ada dalam proses pembangunan ZI.

H. Fajarin selaku penangungjawab pembangunan ZI di Kemenag Brebes menyampaikan, agar seluruh ASN baik itu pejabat dilingkungan Kankemenag Brebes, JFT dan JFU Pelaksana, Guru, Penyuluh, Penghulu dan PPNPN harus merubah mindset dari orang yang dilayanai menjadi yang melayani.

“Kita sama-sama mensosilasisasikan gerakan anti kurupsi dengan cara tidak memberi dan menolak grativasi yang diberikan, baik oleh bawahan maupun masyarakat yang mememiliki kepentingan sehingga kita dapat terhindar dari adanya benturan kepentingan dalam proses perjalanan membangunan ZI,” ungkap Fajarin.

Ketua Tim ZI berharap agar Pembangunan ZI sesegara mungkin dapat diwujudkan dan ditahun 2022, kita siap menyongsong baik penilaian mandiri dari Irjen Kemenag RI dan penilaian dari Kemenpan RB, semoga kita dapat mencapai WBK, serta ditahun berikutnya kita bisa mencapai WBK sehingga pelayanan prima dapat diberikan dan diterma oleh seluruh lapisan masyarakat.  

Sementara itu ketua ZI Kankemenag Brebes, H. Imam Ghozali menjelaskan, “Kita semua harus dapat mengimplementasikan  apa yang menjadi harapan kepala Kantor Kemenag Bebes agar kita sunguh-sungguh melaksanakan pembangunan ZI dengan mulai hari ini kita sama–sama bertekad untuk bekerja menjadikan Kantor Kemenag Brebes mendapat predikit WBK dan WBBM.

Pada rapat ini, masing-masing pokja memaparkan progres timnya masing-masing. Selain itu dalam rapat tersebut juga dibicarakan perihal permasalahan dipokja masing-masing dan mencarikan solusinya sehingga pembangunan ZI dapat berjalan lancar.

Dari kegiatan ini seluruh peserta menyepakati dan bertekad bekerja keras dengan tuntas agar ditahun 2022 dapat mencapai WBK.