Kuota Calon Jamaah Haji Pati Berkurang Tahun Ini

Pati – Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kankemenag Kabupaten Pati Abdul Hamid menyampaikan, konsolidasi kloter mulai dilakukan kemarin (8/7) hingga Kamis (12/7) mendatang. Konsolidasi ini persiapan terakhir CJH sebelum diberangkatkan 2-3 Agustus mendatang, urainya di sela-sela memandu kegiatan konsolidasi kloter di hotel New Merdeka, Senin (9/7/2018)

“CJH tahun ini terbagi menjadi enam kloter. Yakni kloter 57, 58, 59, 60, 61, dan kloter 62. Konsolidasi kloter hari pertama diikuti khusus kloter 57-62 kebetulan kedua kloter itu bukan murni dari Pati tapi bergabung dengan daerah lain. Kloter 57 bergabung dengan CJH Kudus dan kloter 62 dengan CJH Rembang. Sedangkan empat kloter lainnya murni dari Pati,” tuturnya.

Konsolidasi kloter ini juga mendatangkan petugas langsung masing-masing kloter supaya bisa berinteraksi dengan CJH. Setiap petugas memberikan arahan seputar haji, teknis, tanggal keberangkatan, kesiapan, dan lainnya. Sebelumnya kegiatan manasik haji sudah rampung. Para CJH kini mempunyai waktu sekitar tiga minggu sebelum keberangkatan, tegasnya.

Kloter 57-59 diberangkatkan 2 Agustus dan kloter 60-62 berangkat pada 3 Agustus nanti. Waktu keberangkatan yang tinggal tiga pekan ini diharapkan dapat dimanfaatkan baik oleh CJH. Terutama persiapan fisik. Karena modal penting ibadah haji itu harus sehat, ujarnya.

Hamid menambahkan, kuota CJH 2018 ini sedianya 1.600. Tapi ada tiga CJH yang tidak berangkat. Satu CJH cancel dengan pertimbangan pribadi ditunda tahun depan dan dua lainnya meninggal. Jadi sampai saat ini yang fix berangkat 1.597. Kuota CJH Pati tahun ini lebih sedikit dibanding 2017 lalu sekitar 1.660.

“Dua CJH yang meninggal dapat diganti oleh ahli warisnya tahun depan, karena tahun ini tidak bisa mengingat sudah mepet waktunya. Berdasarkan peraturan tahun ini, bagi CJH yang meninggal dapat dilakukan penggantian oleh ahli warisnya,” imbuhnya. (Am/bd)