Kurban Sapi Presiden RI Dilaksanakan Di Hari ke 2

Surakarta – Untuk ke sekian kalinya setiap tahun, Presiden RI Joko Widodo menitipkan hewan kurban untuk disembelih di masjid Kota Surakarta (21/07). Seperti tahun-tahun berikutnya, hewan kurban di titipkan di 2 masjid, yaitu Masjid Agung Surakarta dan Masjid Al-Wustho Mangkunegaran. “Terima Kasih, kami ucapkan kepada Bapak Presiden, atas kurban sapi yang di amanahkan pada kami, semoga bisa bermanfaat bagi warga sekitar yang benar-benar membutuhkan,”ujar Purwanto,Takmir Masjid Al-Wustho.

Sapi hewan kurban diserahkan oleh Wakil Walikota Surakarta, Teguh Prakosa dan diterima oleh Ketua Takmir Masjid Al-Wustho Mangkunegaran, Thoha Mustofa dan kemudian dilajutkan dengan penandatanganan berita acara serah terima. “Hewan kurban saya terima, dan segera akan dilaksanakan penyembelihan, sesuai dengan SE Menag no 17 Th 2021, yaitu di hari ke 2 Idul Adha,” jelas Thoha Musthofa. Sapi berbobot 837 kg, atau sekitar 8,4 kuintal adalah yang paling besar diantara 5 Sapi yang disembelih di Masjid Al-Wustho.

Hadir menyaksikan serah terima, PAI Kec Banjarsari, Atsna Nida sekaligus melaksanakan pemantauan proses penyembelihan hewan kurban. “Menurut pemantauan kami, penyembelihan dilaksanakan sesuai prokes, dimana gerbang masjid ditutup, artinya tidak boleh ada masyarakat yang masuk ke area, hanya panitia saja,”tuturnya. Setelah acara serah terima dilaksanakan, sapi hewan kurban disembelih oleh panitia yang telah siap. “Sudah kami konfirmasi, bahwa pembagian daging kurban juga diantarkan ke masyarakat langsung ke rumah masing-masing,” imbuh Atsna. (may/bd)