Lancar, ANBK MTsN 2 Purbalingga Diikuti 45 Peserta

Kepala MTs Negeri 2 Purbalingga H. Mohamad Zaenal memberikan penjelasan di Ruang Sekretariat ANBK 2021/2022.

Purbalingga – Berlangsung selama 2 hari, penyelenggaraan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) pada Gelombang 2 bagi siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Purbalingga berjalan lancar. Berbeda dengan informasi penyelenggaraan ANBK bagi sekolah/madrasah yang memilih mengikuti Gelombang 1 secara online yang dikabarkan mengalami kendala teknis.

Kepala MTsN 2 Purbalingga H. Moh. Zaenal dalam keterangannya saat dihubungi di ruang panitia menjelaskan, tidak ada kendala yang dialami selama penyelenggaraan kegiatan tersebut. Sedangkan untuk pengawasan kegiatan asesmen tersebut menjadi tanggung jawab pengawas ruang ANBK yang dilaksanakan secara silang sesuai dengan ketentuan.

“Pengawas ANBK di madrasah kami adalah guru-guru  MTs Huffadz Al Itqoniyah Bobotsari,” jelasnya.

Zaenal menambahkan, ANBK merupakan program nasional terkait mutu pendidikan di sekolah / madrasah setelah kebijakan Ujian Nasional dihapuskan.

“Madrasah kami memperoleh daftar peserta ANBK sejumlah 50 siswa yang menjadi perwakilan madrasah dalam kegiatan ini. Jumlah peserta yang mengikuti ANBK 45 anak, sedangkan 5 peserta lainnya merupakan cadangan. Mereka hanya mengikuti asesmen jika ada dari 45 peserta yang tidak bisa hadir mengikuti ANBK,” katanya.

Menurutnya, kegiatan ANBK dilaksanakan selama 2 hari, Rabu – Kamis (6-7/9/2021), dengan pembagian waktu sehingga dalam sehari terdapat 3 sesi.

“Dalam setiap sesi kegiatan diikuti oleh 15 siswa dalam 1 ruang dengan 1 pengawas dan 1 proktor,” ungkapnya.

Pada hari pertama peserta mengerjakan soa-soal dengan materi Literasi, sedangkan pada hari kedua dijadwalkan untuk materi Numerasi.

“Pengerjaan soal hanya bisa dilakukan setelah token dikeluarkan dari panitia pusat,” imbuhnya.* (sar/bd)