Lima Hari Sekolah, SMA dan SMK di Kabupaten Sragen Hendaknya Adakan Sholat Jumat Berjamaah di Sekolah

Sragen – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen  Ahmad Nasirin mengungkapkan, sehubungan dengan berlakunya fullday lima hari sekolah  untuk SMA dan SMK, ia menghimbau agar pihak sekolah dapat mengadakan kegiatan sholat  Jum’at secara berjamaah yang dilaksanakan di sekolah. Demikian disampaikan Ahmad Nasirin saat memberikan pembinaan kepada guru Pendidikan Agama Islam SMK dan SMA se Kabupaten Sragen di Aula Kankemenag Sragen, Kamis 18 April 2018.

“Saya harap semua SMA dan SMK dapat menyelenggarakan sholat jumat di masing masing sekolah, jika ada sekolah yang tidak memiliki masjid, diharapkan agar bekerjasama dengan pihak terkait untuk membangun masjid dan untuk sementara bisa menggunakan aula sekolahan atau ruang kelas sebagai tempat sholat Jum’at siswa siswa dan guru di sekolah tersebut” harap Kakankemenag. “Apabila penyelenggaraan sholat jumat di luar masjid, tentu pemantauan apakah siswa melaksanakan sholat atau tidak, sulit dilakukan” imbuhnya.

Dalam pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di sekolah, Guru PAI adalah ujung tombaknya, Guru Agama harus bisa memantau pelaksanaan ibadah di sekolah, selain itu peran GPAI juga sebagai motivator dan koordinator pelaksanaan pengamalan ajaran Agama Islam, bisa sebagai imam, khotib maupun penceramah pada kegiatan keagamaan di sekolah.
Dalam kesempatan tersebut, Nasirin juga menyampaikan bahwa untuk menyikapi tahun politik sekarang ini, melarang setiap ASN khususnya di lingkungan Kankemenag Sragen ikut larut dalam berpolitik. 

“Berdasarkan Pasal 2 huruf f Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, bahwa setiap pegawai ASN tidak berpihak dari segala pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun, karena ada larangan dan konsekuensi sanksi bagi ASN yang melanggar,” tegasnya.

Acara dilanjutkan dengan rapat koordinasi persiapan pelaksanaan lomba MAPSI yang di pimpin oleh Khoirul Huda guru Pendidikan Agama Islam SMA Negeri 3 Sragen. Dalam rapat tersebut diputuskan bahwa Lomba MAPSI Kabupaten Sragen dilaksanakan di SMK Negeri 2 Sragen pada 28 April 2018, sedang untuk tingkat provinsi dilaksanakan 5 Mei 2018 di Universitas Wahid Hasyim Semarang.(ira1/Wul)