LPTQ Cetak Generasi Cerdas Berakhlak Mulia

Salatiga – Sebagai salah satu lembaga penyelenggara Musabagah Tilawati Qur’an (MTQ), Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kota Salatiga menggelar Rapat Koordinasi Persiapan kegiatan MTQ Kota Salatiga, Senin (14/01). Rakor yang diadakan Pemerintah Kota Salatiga melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra)  yang berlangsung di Ruang rapat  Asisten Pemerintahan dan Kesra Gedung Setda Lt. II Salatiga, dihadiri Kepala Kemenag, Kabag Kesra, Kasi Bimas Islam Kemenag dan  juga dihadiri pengurus LPTQ tingkat kecamatan.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga Fahrudin mengatakan, dalam rangka pengembangan dan pembinaan generasi muda sangat mengapresiasi penuh kegiatan LPTQ. Sehingga rakor ini bertujuan untuk meningkatkan peran institusi lembaga dalam mencetak generasi cerdas dan berakhlak mulia, meningkatkan  seni baca Alquran dan pengamalan agama yang bersumber dari Alquran.

“Rakor ini juga untuk membahas berbagai program LPTQ. Lembaga ini sangat penting terhadap penanaman nilai- nilai Alquran pada masyarakat Kota Salatiga, Pengurus dan kelembagaan harus tetap diperkuat,” ucap Fahrudin yang juga menjabat sebagai Ketua LPTQ.

Selain itu, lanjutnya juga dibahas persiapan penyelenggaraan MTQ Pelajar yang akan digelar bulan April 2019, dan dibahas pula berbagai kekurangan pada pelaksanaan MTQ sebelumnya.

“Kami harapkan rakor ini sebagai agenda penting semoga dapat meningkatkan kerja secara profesional. Bekerja cepat tepat dan efektif agar hasil dapat sesuai keinginan,” jelasnya.

Menurutnya berbagai kelemahan agar bisa dievaluasi. Upaya terus dilakukan untuk mencetak generasi qori dan qoriah Kota Salatiga yang handal. LPTQ Kota Salatiga hendaknya melaksanakan kegiatan yang bersinergi dengan LPTQ Provinsi dengan harapan kegiatan kita dapat dikembangkan untuk persiapan lomba yang ada ditingkat provinsi.

Pada kesempatan yang sama Kasi Bimas Islam Kemenag Kota Salatiga selaku Sekretaris Umum, Nurcholis menghimbau kepada seluruh pengurus LPTQ agar berperan aktif dalam menyukseskan pelaksanaan MTQ tahun ini.

“Saya menghimbau agar pengurus LPTQ turut serta aktif dalam persiapan pelaksanaan MTQ, sehingga pelaksanaan MTQ dapat berjalan dengan aman dan tertib,” himbaunya.

Dari hasil pertemuan tersebut diambil beberapa keputusan diantaranya adalah  pembentukan panitia MTQ diserahkan langsung kepada pengurus LPTQ. Dan untuk penganggaran dana tersedia di Bagian Kesra. (KK-Nurch/gt)