Makin Juara, MAN 2 Banjarnegara Duduki Peringkat ke-6 Madrasah Berprestasi Jawa Tengah

Banjarnegara – MAN 2 Banjarnegara menduduki peringkat ke-6 dalam raihan jumlah prestasi terbanyak Madrasah Aliyah se-Jawa Tengah dari total 133 Madrasah Aliyah perbulan Juli. Capaian prestasi tersebut semakin menguatkan jargon “Madrasahnya Para Juara” dan mendapatkan apreasiasi serta dukungan penuh dari seluruh warga madrasah.

Kepala Madrasah, Ridlo Pramono merasa bangga dan bersyukur sebab meskipun di tengah pandemi seperti sekarang, semangat berprestasi tidak luntur. “Alhamdulillah, saya merasa bersyukur sekali dengan pencapaian ini. Terima kasih Bapak Ibu Guru, peserta didik, dan semua yang sudah ambil bagian mendukung kegiatan lomba-lomba baik akademik maupun nonakademik di madarasah ini,” ungkapnya pada Sabtu, (21/8). Beliau berharap ke depan, prestasi akan terus meningkat sehingga mampu menduduki peringkat 1 Jawa Tengah.

Meskipun pandemi Covid-19 masih melanda, kegiatan siswa yang bersifat perlombaan tidak dihentikan secara total. Latihan rutin masih dilaksanakan baik secara daring maupun luring untuk cabang-cabang tertentu.

“Untuk cabang lomba yang mengumpulkan masa memang kita hentikan terlebih dahulu latihan bersamanya sementara menghindari kerumunan karena sedang situasi pandemi seperti sekarang ini. Tetapi latihan tetap jalan dari rumah masing-masing. Kalau cabang lomba akademik, pelatihan tetap berjalan secara daring, dan beberapa kali luring meskipun masih terbatas sifatnya,” ungkap Lili Maenani selaku Wakil Kepala Bidang Kesiswaan.

Berdasarkan hasil rekapan data prestasi, MAN 2 Banjarnegara menghasilkan jumlah total prestasi akademik maupun nonakademik sebanyak 152. Dengan rincian 123 prestasi di tingkat nasional, 10 ditingkat provinsi, 3 prestasi di tingkat karesidenan, dan 16 prestasi lainnya di tingkat kabupaten atau kota. Untuk penghitungan peringkat sendiri tidak semua kejuaraan bisa dihitung, hanya tingkat internasional, nasional dan provinsi yang bisa mempengaruhi peringkat.

Ahmad Hadi Musyaffa’, salah satu peserta didik lomba mata pelajaran mata pelajaran matematika yang sudah menyumbangkan banyak medali menyampaikan perasaan senangnya karena sudah menjadi bagian yang berhasil menghantarkan madrasah menduduki peringkat ke-6 tersebut “Alhamdulillah, rasanya senang sekali dapat ambil bagian dalam prestasi ini. Saya dan teman-teman akan berusaha lebih giat dalam belajar agar prestasi madrasah kita semakin meningkat,” pungkasnya. (ta/ak/rf)