Manasik Sebagai Bekal Calhaj Menunaikan Ibadah Haji

BLORA. Kegiatan manasik bagi calon jamaah haji Kabupaten Blora yang dilaksanakan mulai 4 Juli lalu akhirnya selesai dan ditutup secara resmi oleh Bupati Djoko Nugroho didampingi Kepala Kantor Kemenag Kab.Blora,Nuril Anwar bersama jajaran Forkopimda, Selasa siang (18/7/2017), di Pendopo Rumah Dinas Bupati.

Berbagai kegiatan manasik sudah disampaikan  oleh calon jamaah haji kabupaten Blora oleh narasumber pelatihan manasik baik  rukun haji, seperti thawaf, sa’i, memakai pakaian ihram, tahalul, melempar jumroh  serta berbagai pengetahuan ibadah haji lainnya baik yang wajib, sunnah  maupun rukun.

Kepala kankemenag Blora, NurilAnwar berharap berbagai bekal pengetahuan ibadah haji yang sudah diperoleh calon jamaah haji bisa dipelajari dan diperdalam lagi sehingga benar benar siap melaksanakan ibadah haji selain perlu mempersiapkan mental, fisik dan kesehatan dengan sebaik baiknya.

“kami harapkan para jamaah bisa menjalankan ilmu ibadah haji yang disampaikan dan bermanfaat dalam pelaksanaan ibadah haji di makkah dan madinah serta perlu menjaga kesehatan dengan baik”ujarnya.

Menurutnya, Jamaah haji sudah mendapatkan bimbingan ibadah haji di masing masing 17 KUA Kecamatan  yang ada dan di kemenag selama dua kali untuk mendapatkan wawasan mulai pemberangkatan maupun pelaksanaan ibadah di makkah dan madinah serta tatacara haji dan bacaannya secara benar lengkap teori dan praktiknya, dimaksudkan agar calhaj lancar dalam menjalankan ibadah dan mampu mandiri melaksanakan rukun, wajib maupun sunah haji dengan baik baik perseorangan maupun bersama sama.

”Manfaatkan bekal manasik yang sudah diberikan agar bisa menjalankan ibadah dengan sempurna, baik dan lancar baik sayarat,wajib, rukun dan sunnahnya,” ungkap Kakankemenag.

Jika sudah berbuat yang terbaik, maka hendaklah disertai dengan bersabar dilanjutkan dengan berbaik sangka dan senantiasa istiqomah disertai dengan sikap tawakal berserah diri dan berdoa kepada Allah SWT.

Sementara itu, Ketua MUI Blora, KH Muharror Ali memberikan penjelasan dan peraktek langsung rukun  haji baik wukuf di arafah, sai, thowaf, sai, tahalul, memakai pakaian ihram, melempar jumrah dan lainnya dibantu oleh KH Ali Muhdhor untuk memakain pakaian ihram yang baik dan benar serta penjelasan miqat dan wawasan ibadah haji lainnya.

Sementara itu, Bupati Blora, Djoko Nugroho menyampaikan bahwa calhaj diharapkan dapat melaksanakan ibadah haji dengan baik dan lancar dan menjaga kesehatan dan stamina karena pelayanan haji sudah semakin baik.

Untuk diketahui, tahun 2017 ini Kabupaten Blora akan memberangkatkan 664 jamaah calon haji ke tanah suci yang terbagi ke dalam 3 kelompok terbang (kloter). Dengan rincian kloter 38 sebanyak 354 jamaah semuanya dari Blora, kloter 87 sejumlah 44 jamaah bergabung dengan Kabupaten Kudus dan kloter 88 sejumlah 266 jamaah bergabung dengan jamaah Kabupaten Pati.

Setelah melaksanakan kegiatan manasik sejak 4 Juli hingga 18 Juli ini, mereka akan mulai diberangkatkan ke tanah suci mulai tanggal 7 Agustus 2017 mendatang untuk kloter 38. Sedangkan kloter 87 dan 88 akan berangkat tanggal 22 Agustus 2017. (Ima/bd)