Manfaatkan RAT dengan Baik, Hasil Keputusan Positif

Kota Pekalongan – Alhamdulillah meskipun agak terlambat, pada hari ini dapat terlaksana RAT KPRI Al Ikhlas Kantor Kementerian Agama Kota Pekalongan, karena pengurus KPRI tahun ini lebih teliti dari tahun sebelumnya, demikian disampaikan Ketua KPRI Al Ikhlas juga Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kota Pekalongan Masrukhin saat memberikan sambutan dalam acara RAT yang diselenggarakan di Gedung Aswaja Kota Pekalongan, Kamis pagi (27/04). Acara dihadiri seluruh pejabat dan pegawai Kantor Kementerian Agama Kota Pekalongan, perwakilan PKPRI Kabupaten/ Kota Pekalongan dan Dinas Koperasi Perdagangan dan UKM Kota Pekalongan.                

Pada kesempatan tersebut, Masrukhin menambahkan bahwa Koperasi mempunyai azas yaitu tolong menolong, untuk itu koperasi menjadi pilihan untuk menolong atau membantu mencukupi kebutuhan pengurus maupun anggotanya.                        

 Ketua PKPRI Kabupaten/KotaPekalongan  Sofyan Adnan, menyampaikan keberadaan Koperasi di era sekarang harus mampu bersaing dengan lembaga keuangan lainnya, kalau perlu dilakukan pemupukan modal kembali sehingga mampu memenuhi kebutuhan dari anggotanya.                      

“Semua pegawai Kantor Kemenag Kota Pekalongan menjadi anggota KPRI Al Ikhlas, sehingga peran pimpinan sangat penting untuk perkembangan kemajuan koperasi. Semua laporan KPRI Al Ikhlas sudah bagus, marilah manfaatkan RAT sebagai forum tertinggi untuk pengambilan kebijakan kedepan dan mengevaluasi target yang lalu,”kata Adnan.                     

Sementara itu Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (per Januari 2017) Kota Pekalongan diwakili oleh Lia Anggraeni, memberikan apreasiasi setinggi-tingginya kepada pengurus KPRI Al Ikhlas walaupun RAT terlambat, namun akhirnya dapat terlaksana dengan dihadiri hampir seluruh anggota Koperasi. Dijelaskan juga perkembangan regulasi baru terkait dengan koperasi.

“Dinas sudah terbit regulasi2 baru diantaranya koperasi wajib RAT minimal 1x setahun. Dalam RAT harus ada dewan sidang terdiri dari pimpinan sidang dan sekretaris sidang, KPRI berpredikat sehat dengan nilai 83,50. Nantinya koperasi yang berpredikat sehat akan mendapatkan penghargaan dari Dinas Perdagangan Koperasi dan UMK,”jelas Lia.                      

Lia Anggraeni membuka acara RAT KPRI Al Ikhlas dengan mengucapkan semoga RAT kali ini mampu menghasilkan keputusan yang positif dan nantinya meregenerasi pengurus baru yang baik.                     

Pimpinan sidang Jaelani, dan sekretaris sidang Yusuf untuk memimpin jalannya RAT KPRI Al Ikhlas Kantor Kemenag Kota Pekalongan yang berlangsung dengan lancar sampai selesai.(ms/rf).