Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) di MAN 1 Tegal Dimulai

Hari Senin (16/7) merupakan awal masuk madrasah tahun pelajaran 2018/2019. Seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap awal tahun pelajaran baru di MAN 1 Tegal mengadakan kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) bagi seluruh peserta didik baru MAN 1 Tegal. Semua peserta didik baru menggunakan seragam sekolah asal (SMP/MTs). Matsama ini akan berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 16 sampai dengan 18 Juli 2018.

Sebelum kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah dimulai terlebih dahulu dilaksanakan upacara pembukaan matsama yang bertempat di lapangan MAN 1 Tegal pada hari Senin pagi (16/7). Selaku pembina upacara adalah Plt. MAN 1 Tegal, Amari Ma’ruf yang sekaligus secara resmi membuka dan melakukan penyematan tanda peserta matsama kepada perwakilan peserta didik kelas X. Dalam amanatnya beliau mengatakan (16/7) bahwa “Selamat bagi kelas X yang diterima di MAN 1 Tegal, padahal pendaftar lebih dari 900 peserta didik dari SMP/MTs. Ini merupakan mengukir sejarah tahun ini sebagai pendaftar terbanyak dan diterimanya juga terbanyak yaitu 564 peserta didik”.

Adapun peserta yang mengkuti matsama tahun ini sebanyak 564 peserta didik yang terdiri dari 378 peserta didik perempuan dan 186 peserta didik laki-laki dan dibagi menjadi 3 jurusan (6 IPA, 5 IPS dan 3 Keagamaan). Dan yang menjadi tujuan dilaksanakannya matsama di MAN 1 Tegal adalah:

  1. Membantu peserta didik mengenal lebih dekat lingkungan fisik dan lingkungan sosial di MAN 1 Tegal, sehingga tercipta suasana edukatif dan kondusif;
  2. Memahami kebudayaan madrasah dalam rangka pelaksanaan wawasan wiyata mandala, sehingga fungsi madrasah, guru, karyawan dapat mendukung terwujudnya pendidikan secara komprehensif;
  3. Motivasi peserta didik agar merasa bangga kepada MAN 1 Tegal yang sudah dipilihnya, sehingga dapat memahami dan melaksanakan aturan – aturan di MAN 1 Tegal.

Adapun materi-materi yang akan disampaikan dalam kegiatan matsama tahun ini adalah sebagai berikut:

  1. Implementasi Pendidikan Agama Islam di Madrasah;
  2. Akhlak, Akidah, Etika;
  3. Pengenalan Program Kurikulum Madrasah;
  4. Membangun Motivasi;
  5. Sosialisasi Tata Tertib MAN 1 Tegal;
  6. Pengembangan Karakter Pribadi Masyarakat, Bangsa dan Negara;
  7. Urgensi Kedisiplinan di Madrasah;
  8. Pengenalan Program Ketrampilan;
  9. Pengenalan Baris-Berbaris;
  10. Pengenalan Lingkungan Madrasah;
  11. Materi Keagamaan.

“Bagi peserta didik kelas X ada tupoksi-tupoksi yang harus anda laksanakan selama tanggal 16, 17, 18 Juli 2018 itu adalah masa ta’aruf siswa madrasah (matsama), pesan dari ibu kepala “jangan sampai kakak kelas itu dendam, tapi dikemas dengan nuansa akademisi”” tambah beliau dalam amanatnya. Amari dalam amanatnya juga mengingatkan tentang pentingnya kedisiplinan bagi semua peserta didik MAN 1 Tegal. (sochud/rw)