Menag menyapa daerah melalui Vicon pada HAB ke-70

Semarang – Rangkaian peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-70 Kementerian Agama berjalan hampir di seluruh wilayah di Indonesia, Kemenag memang mempunyai satker yang paling banyak dan tersebar dari tingkatan pusat hingga kecamatan dibandingkan K/L/D/I lainnya.

Ada sesuatu yang berbeda dalam peringatan HAB di tahun 2016 ini, dimana Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (LHS) menghendaki menyapa jajarannya di daerah melalui teknologi Video Conference (ViCon). Komunikasi melalui Vicon dijadwalkan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI Nur Syam pada tanggal 3 Januari 2016 pukul 09:30 WIB seusai upacara HAB.

Vicon diagendakan berlangsung selama 60 menit dengan diikuti sekitar 24 kanwil yang terhubung dengan Vicon Menag, namun karena hampir semua kanwil ingin berkomunikasi langsung dengan Menag akhirnya acara molor menjadi lebih dari 90 menit.

Pada kesempatan tersebut Menag memberikan apresiasi kepada jajarannya yang tetap bersemangat melaksanakan upacara peringatan HAB ke-70 sekalipun hari libur. “Terima kasih atas semangat dan kerja sama seluruh jajaran Kementerian Agama di tingkat pusat hingga daerah untuk dapat melaksanakan upacara peringatan HAB dengan sebaik-baiknya, namun kami juga menyadari dan minta maaf kepada daerah-daerah yang pada hari ini tidak dapat melaksanakan dikarenakan melaksanakan peribadatan sesuai dengan agamanya,” salam Menag mengawali dialognya.

Selanjutnya satu persatu Menag menyapa kanwil-kanwil dan menanyakan seputaran serapan anggaran TA 2015, program kerja di 2016 yang lebih mengutamakan pada peningkatan pelayanan dan yang terakhir terkait seragam dinas Kementerian Agama yang baru semenjak berjalannya Kabinet Kerja besutan Jokowi-JK. 

Respon positif disampaikan oleh jajaran kanwil yang dapat berdialog langsung dengan Menag tanpa harus datang langsung dari berbagai wilayah di Indonesia serta kegiatan ini dapat berlangsung efektif dan efisien bahkan live tanpa jeda waktu yang timbul dalam dialog tersebut. Kebanyakan dari kanwil lebih menyoroti masalah seragam baru Kemenag putih-gelap meninggalkan seragam aslinya warna abu-abu yang selama ini dikenakan, serta corak khas pribumi masing-masing daerah yang ingin dapat diakomodir pula.

Menanggapi hal tersebut LHS menyadari begitu banyaknya jumlah pegawai pada Kementerian Agama serta ragam corak budaya yang ada dimasing-masing daerah, sehingga kedepan akan dikaji lebih mendalam terkait seragam baru Kemenag.

“Kami bisa memaklumi aspirasi dari teman-teman di daerah, hanya saja kami ingin dalam seminggu harus ada setidaknya sekali menggunakan seragam baru putih-gelap, selanjutnya kaji ulang tersebut akan diteruskan oleh Sekjen melalui edaran resmi,” tegas LHS menjawab aspirasi dari daerah.

Akhirnya Menag beserta jajaran eselon I dan II yang hadir dalam Vicon tersebut mengucapkan Selamat Hari Amal Bakti ke-70 Kementerian Agama, dengan penuh harapan kedepan jajaran Kementerian Agama semakin meningkatkan prestasi dan pelayanannya kepada masyarakat serta mampu menjawab tantangan di masa mendatang. (gt/gt)