Mengembangkan Budaya Kompetitif

Slawi – Ratusan siswa dari Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Tegal mengikuti kegiatan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan AKSIOMA. Kegiatan dilaksanakan di halaman MTsN Model Babakan Lebaksiu Selasa, (09/05). Acara dibuka oleh Kepala seksi pendidikan Madrasah Kasori.

Dalam sambutannya Kepala seksi pendidikan Madrasah Kasori mengungkapkan, “kegiatan ini dapat mengembangkan bakat dan minat di bidang sains sehingga dapat menumbuhkan dan mencintai sains bagi siswa madrasah, meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spriritual berdasarkan nilai-nilai agama, menumbuh kembangkan budaya kompetitif yang sehat dikalangan siswa madrasah dan memberikan kesempatan yang sama bagi siswa madrasah dalam belajar, berkreatifitas dan berprestasi”, ujar Kasori.

Adapun peserta yang mengikuti terdiri dari kegiatan KSM sebanyak 149 peserta, terdiri dari mapel Matematika 51 siswa, Fisika 49 siswa, Biologi 49 siswa dan peserta kegiatan AKSIOMA sebanyak 88 siswa/group, terdiri dari lomba tahfidz 16 peserta, kaligrafi 12 peserta, pidato Bahasa Arab 17 peserta, MTQ 22 peserta, hadroh 21 group.

Salah satu peserta, ananda Mohamad Aufa Zidan Kelas 8 FDS-1 peserta dari MTs N Model Babakan menambahkan “rasa senang dan bangga dapat mengikuti ajang KSM ini dan akan menjadi pengalaman dan bekal saya ke jenjang berikutnya. Harapan saya dapat menjadi yang terbaik dan menwakili Kabupaten Tegal dalam KSM tingkat provinsi demi mengharumkan nama madrasah dan nama kabupaten Tegal.

Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan para peserta dapat membentuk identitas siswa menjadi pribadi yang selalu berusaha menjadi pemenang. Budaya kompetisi yang terbentuk secara solid di dalam KSM tidak hanya meningkatkan prestasi tetapi juga membentuk citra baik madrasah pada umumnya, akan tetapi hal tersebut sejalan dengan nafas perjuangan madrasah untuk tetap lebih baik.(za/rf)