Kepala Kan Kemenag Kab. Cilacap menyerahkan secara simbolis buku bimbingan keluarga sakinah kepada perwakilan peserta binwin

Menikah Adalah Babak Baru Kehidupan

Cilacap – Sebanyak 25 pasang calon pengantin ( Catin ) dari Kecamatan Cilacap Selatan dan Cilacap Tengah Kabupaten Cilacap  mengikuti  Bimbingan Perkawinan (binwin) angkatan ke 23 yang diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap. Kegiatan bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap dengan standar protokol kesehatan. Binwin Angkatan ke 23 ini dijadwalkan untuk dilaksanakan selama 2 hari dimulai Senin (04/10) sampai Selasa (05/10).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap, Imam Tobroni ketika membuka kegiatan menyampaikan bahwa acara pembekalan catin ini sebagai wujud hadirnya negara dalam hal ini melalui Kementerian Agama memberi pembekalan calon pengantin dalam membina rumah tangga yang bahagia.

Menurut Imam Tobroni menikah adalah babak baru dalam kehidupan, sehingga penting sebelum menikah mempersiapkan diri dengan ilmu tentang membangun keluarga.

“ Ilmu ini tidak didapat ketika kita sekolah atau kuliah tetapi ilmu ini penting sebagai bekal untuk mewujudkan keluarga bermutu.” Ujar Imam Tobroni

Kepala Kankemenag berpesan kepada catin bahwa setiap kita harus bercita-cita mewujudkan keluarga bemutu untuk itu menurutnya ada 3 hal penting dalam mempersiapkan pernikahan yaitu : meluruskan niat, mempersiapkan ilmu, dan mempersiapkan fisik. 

 “Kunci dalam Membangun keluarga yang bahagia itu dengan berusaha, berdoa, bersyukur, sabar, dan membangun komunikasi yang baik antara suami dan istri.” Tegas Ka Kankemenag.

Imam Tobroni mengingatkan bahwa tidak ada kehidupan berumah tangga yang mulus dari awal sampai akhir tanpa terjadinya konflik. Perbedaan pendapat dan masalah pasti akan ditemui selama berumah tangga. Suami dan istri harus saling pengertian dan menghormati satu dengan yang lain.  Untuk itu ada tiga hal yang harus senantiasa diingat ketika membangun keluarga yaitu: dengan niatan ibadah, menikah untuk sepanjang hayat dan membangun keluarga sakinah mawaddah wa rahmah.

“ Karena hidup tak sekedar cinta dan pasti ketika berumahtangga akan banyak hal cobaan yang datang maka kita hendaknya mengingat tiga hal tersebut.” Pesan Imam Tobroni.(meip)