MI Futuhiyyah Palebon Gelar Gladi Bersih AKMI

Semarang — Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) merupakan program baru dari Kementerian Agama Republik Indonesia di dunia Pendidikan. Program AKMI 2021 ini digelar untuk mengukur tingkat literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya.

AKMI 2021 ini dilaksanakan sekitar 50 % dari seluruh Madrasah di Indonesia dan dikhususkan untuk siswa kelas 5. Kegiatan tersebut rencananya akan dilaksanakan pada sekitar Oktober dan November 2021, didahuli sosialisasi, simulasi dan gladi bersih.

MI Futuhiyyah Palebon yang beralamat di Jl. Soekarno – Hatta No.65 Pedurungan.  Semarang merupakan salah satu MI yang akan melaksanakan kegiatan AKMI. MI ini berusaha semaksimal mungkin untuk mempersiapkan siswanya dalam menghadapi AKMI.

Persiapan dilakukan dengan terus melakukan sosialisasi, pelatihan, dan simulasi sesuai jadwal yang telah ditentukan. Simulasi ini diadakan pada Kamis (28/10/2021) untuk siswa kelas 5 MI. Futuhiyyah Palebon. Seluruh siswa tampak serius melaksanakan Gladi Bersih AKMI.

Siswa – siswi berada di ruang Laboratorium Komputer terlihat semangat dalam mengerjakan setiap soal. Seperti yang dikatakan oleh Naura Tsabith Sugiarto Putri salah satu siswi kelas 5 MI Futuhiyyah Palebon. “Saya bersama teman – teman sekelas dengan didampingi oleh oleh bapak dan ibu guru selama sebulan ini terus berlatih belajar memahami dan belajar menjawab soal dalam rangka persiapan AKMI. Hasilnya, satu demi satu, soal tersebut saya jawab,” kata Naura

“Semoga dengan latihan – latihan yang diberikan oleh bapak/ibu guru besuk saat pelaksanaan AKMI kami dapat mengerjakan dengan baik,” sambungnya.

Sementara itu, Zainal Arifin selaku poktor yang didampingi oleh Ashabul Falaq dan Ika Vivi Alaida yang ditunjuk sebagai tehnisi dan pengawas mengatakan, selama sebulan ini mereka ditugasi oleh Kepala Madrasah untuk mendampingi siswa kelas 5.

Pendampingan dilakukan dengan memberikan pelatihan – pelatihan dan simulasi terhadap anak – anak peserta AKMI. Harapannya, saat pelaksanaannya nanti siswa sudah paham dan mampu melaksanakan AKMI dengan baik dan lancar.

Slamet Agus Wahid selaku kepala madrasah yang telah menunjuk dan memberikan tugas kepada guru sebagai TIM Pelaksana meminta semua pihak terus mempersiapkan kegiatan AKMI semaksimal mungkin. (saw/iq/bd)