MIN 1 Tegal Satu-satunya MI di Jateng yang akan USBN BK

Tegal (Slawi) – Mempersiapkan siswa-siswi menghadapi Ujian Sekolah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (USBN BK) tahun pelajaran 2018/2019, MIN 1 Tegal melaksanakan kegiatan simulasi USBN BK. Simulasi dilaksanakan pada Rabu (20/03) di aula MIN 1 Tegal, diikuti oleh seluruh siswa-siswi kelas 6 yang berjumlah 75 orang, didampingi proktor, guru kelas dan dipantau langsung oleh Kepala Sekolah.

Menurut Shofar Sholahudin Bisri, penanggung jawab kegiatan sekaligus Kepala MIN 1 Tegal, kegiatan simulasi berjalan dengan lancar. Dalam bayangannya, siswa-siswi akan sangat tegang menjalani simulasi ini, tetapi kenyataannya justru siswa-siswi merasa senang dan gembira melaksanakan simulasi.

“Ternyata anak-anak justru lebih siap. Mereka sudah terbiasa menggunakan laptop dan internet. Dari pantauan kami, mereka justru tampak gembira dan senang. Mereka bisa menikmati simulasi ini. Inilah kelebihan generasi millenial, sudah terbiasa dengan internet, laptop dan gadget,” terang Shofar Sholahudin Bisri.

Setelah melihat langsung kegembiraan dan antusiasme anak dalam simulasi, Shofar Sholahudin Bisri merasa yakin dan mantap bahwa MIN 1 Tegal bisa menjadi yang pertama di Jawa Tengah dalam melaksanakan USBN BK. Pihaknya akan terus memantau persiapan yang meliputi penyediaan server utama, server cadangan dan unit PC client untuk peserta USBN BK.

Kepala Kantor Kementerian Agama KabupatenTegal, Sukarno, melalui Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Banu Hamdan, merasa bangga dan menyampaikan apreasiasinya kepada MIN 1 Tegal yang akan melaksanakan USBN BK pertama tingkat MI di Jawa Tengah. Sukarno sangat mendukung pelaksanaan USBN BK ini karena ke depan pelaksanaan USBN pasti akan terus berbasis komputer, atau paperless.

“Saya percaya bahwa MIN 1 Tegal bisa melaksanakan USBN BK ini dengan baik. Dengan kerjasama yang maksimal dari Seksi Pendidikan Madrasah, Kepala Sekolah, para guru, proktor dan pihak komite sekolah, MIN 1 Tegal bisa menjadi pionir di Jawa Tengah.  Ke depan, pelaksanaan USBN BK juga akan semakin memangkas waktu dan biaya pemeriksaan ujian karena sistem aplikasi secara otomatis menilai skor hasil ujian. Selamat untuk MIN 1 Tegal, semoga sukses dalam pelaksanaan USBN BK,” kata Banu Hamdan mewakili Kepala Kantor. (AS/Wul)