Min Jetis Libatkan Wali Murid dalam Sosialisasikan US/M

Sukoharjo – Persiapan pelaksanaan Ujian Sekolah/Madrasah (US/M) Tahun Pelajaran 2016/2017masih terus berjalan, karena melihat jadwal pelaksanaa Ujian Sekolah/Madrasah (US/M) yang semakin dekat. Demikian halnya Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Jetis yang juga menggelar sosialisasi Ujian Sekolah/Madrasah (US/M) Tahun Pelajaran 2016/2017 bertempat di Masjid Faturrahman Kompleks MIN Jetis pada Kamis (9/3). Kegiatan tersebut mengundang seluruh orang tua siswa kelas 6 beserta komite madrasah.

Pada sambutannya, ketua komite MIN Jetis, Suparno Zaini Dahlan berharap agar orang tua siswa memperhatikan sekolah lanjutan putra-putrinya dan bisa mengarahkan dengan baik. Orang tua berkewajiban mencarikan sekolah yang bermutu tinggi.

“Jangan hanya cari yang murah saja, tetapi harus yang baik untuk masa depan anak. Semoga dengan sekolah lanjutan yang baik, anak kita bisa menjadi alim dan sholeh”, pesan Suparno mengakhiri sambutan.

Kepala MIN Jetis, Danuri, mengawali sosialisasi US/M dengan membacakan agenda kegiatan siswa kelas 6 dalam mempersiapkan diri menjelang ujian mulai dari try out, Mabit, dan Pra US/M. Menurut Danuri, try out dilaksanakan selama 3 kali menjelang ujian dan dilaksanakan serentak seluruh kabupaten. “Try out yang pertama telah dilakukan pada pertengahan Februari dan hasilnya telah kami serahkan kepada bapak ibu semua”,  kata Danuri.

Lebih lanjut Danuri menambahkan bahwa sesuai dengan Peraturan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 007/H/EP/2017 Tentang Prosedur Operasional Standar Ujian Sekolah/Madrasah pada Sekolah Dasar/Madrasah Tahun Pelajaran 2016/2017, US/M akan dilaksanakan pada tanggal 15, 16, dan 17 Mei 2017 serentak secara nasional dengan mengujikan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

“Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan lainnya akan diujikan pada 3-10 Mei 2017. Oleh karena itu saya menghimbau kepada bapak ibu orang tua siswa kelas 6 memperhatikan jadwal tersebut jika mengagendakan sesuatu bersama putra putrinya,” pesan Danuri dengan sungguh-sungguh.

Pada kesempatan yang sama, Koordinator Kesiswaan MIN Jetis, Karseno Handoyo menginformasikan bahwa dari 170 siswa kelas 6, 54 di antaranya telah diterima di berbagai sekolah lanjutan meskipun belum US/M. Hal ini dikarenakan siswa tersebut telah mengikuti seleksi penerimaan sebelumnya. “Meskipun sudah mendapat sekolah lanjutan, jangan sampai siswa meremehkan US/M karena jika US/M tidak lulus maka status diterima akan dibatalkan,” ujar Karseno.

Salah satu orang tua siswa, Sutarmo mengungkapkan kegembiraannya dengan adanya sosialisasi US/M yang digelar MIN Jetis. Dengan adanya kegiatan tersebut Sutarmo lebih paham dalam mempersiapkan anaknya yang duduk di kelas 6 menghadapi ujian. “Saya akan terus mendampingi belajar sampai menjelang ujian nanti. Alhamdulillah hasil try out pertama mendapat nilai yang cukup baik,” imbuh Sutarmo di akhir acara.

Di tempat terpisah, Koordinator Kurikulum MIN Jetis, Sahid Wagimin menjelaskan bahwa nilai ijazah nanti merupakan hasil kalkulasi dari 40% nilai US/M ditambah 60% nilai rapor kelas 4 hingga kelas 6 semester 1. “Kami akan berusaha meningkatkan nilai US/M siswa supaya nilai ijazah menjadi tinggi. Siswa beri jam tambahan untuk pengayaan materi kelas 4 dan 5,” tandas Sahid Wagimin. (Pry-Djp/ Wul)