MIN Purwokerto Sukses Gelar LT dan Pesta Siaga

BANYUMAS – MIN Purwokerto sukses menggelar kegiatan Lomba Tingkat Pramuka Penggalang dan Pesta Siaga Tingkat Gugus Depan, jum’at hingga sabtu (25/2). Ketua panitia, Toni Agung Prasetio menjelaskan bahwa Pesta Siaga diikuti oleh 16 regu penggalang dan 32 barung siaga.

Lomba Tingkat Pramuka Penggalang dan Pesta Siaga Tingkat Gugus Depan Madrasah Ibtidaiyah Negeri Purwokerto dilaksanakan untuk mengevaluasi sejauh mana hasil pendidikan kepramukaan yang telah dilaksanakan, sekaligus sebagai wahana merekatkan persaudaraan antar anggota pramuka serta ajang bagi anggota pramuka untuk menunjukkan potensi yang dimilikinya, sehingga terbentuk anggota pramuka yang bertaqwa, disipilin, mandiri, bertanggung jawab, bekerja keras, berprestasi, dan memiliki jiwa kompetitif, kata Toni.

Ketua Kwartir Ranting Gerakan Pamuka Purwokerto Timur,  melalui Andalan Ranting Urusan Bina Muda, Maratun Sholihah memberikan apreasiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Terima kasih kami sampaikan kepada MIN Purwokerto yang telah berupaya untuk terus membina generasi muda Indonesia melalui pendidikan kepramukaan. LT dan pesta siaga adalah salah satu kegiatan pembinaan sekaligus alat ukur pendidikan kepramukaan yang telah dijalankan, ujar Maratun Sholihah saat membuka kegiatan.

Kamabigus MIN Purwokerto, Sabar Munanto menambahkan bahwa Pesta Siaga ini terlaksana karena adanya dukungan Kementerian Agama melalui DIPA Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas Tahun Anggaran 2017. Terima kasih kami sampaikan kepada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas atas bantuan anggaran demi suksesnya kegiatan ini, ujar Sabar.

Sementara itu Pengawas Pendidikan Agama Islam Purwokerto Timur, Hidayaturrohmah berpesan agar peserta LT dan Pesta Siaga belajar dari pengalaman. Apa yang kalian alami selama dua hari ini, seperti tidur bersama teman, bekerjasama dalam satu regu, serta pengalaman lainnya dapat dijadikan pelajaran sebagai bekal dalam kehidupan nyata kelak ketika sudah dewasa, pesan Hidayaturrohmah.

Usai melaksanakan 14 cabang lomba, barung hijau siaga putra dari kelas 4 Umar bin khotob dan barung hijau siaga putri kelas 3 Umar bin Khotob berhasil menjadi barung tergiat pertama. Sedangkan regu penggalang yang berhasil menjadi juara adalah regu garuda dan regu melati dari kelas 5 Usman bin Affan.

Selain pesta siaga, panitia juga menyelenggarakan lomba ketrampilan siaga yaitu menghias bekas kaleng cat untuk dijadikan pot bunga. Kegiatan ini diikuti oleh barung siaga siswa siswi kelas 1 dan 2 sejumlah 32 barung. Bulan depan pot-pot yang telah dihias ini akan kita manfaatkan untuk kegiatan penanaman pohon, tutup Toni. (ak)