Momen Halal Bihalal Di MTs Negeri Batang Jadikan Pembinaan Mental Oleh Kepala Kantor Kemenag

Batang – Mengawali aktifitas madrasah setelah libur Idul Fitri MTs Negeri Batang menggelar kegiatan halal bihal dan pembinaan oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Batang pada Kamis (20/05) di aula Madrasah. Hadir dalam acara itu Seluruh Guru dan Pegawai,Komite Madrasah maupun Pengawas Madrasah.

Kepala MTs. Negeri Batang H.Fathudin dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang yang bersedia menghadiri undangan untuk mengisi acara pembinaan mental dan pemberian motivasi kepada seluruh guru dan pegawai MTs Negeri Batang di sela-sela kesibukannya.

“ Alhamdulillah kita dapat melaksanakan ibadah ramadhan sebulan penuh. Mudah-mudahan semua dosa kita diampuni oleh Allah SWT, kami juga sangat berterimakasih pada Kepala Kantor Kemenag yang dapat menghadiri acara ini,” kata H.Fathudin

Dia juga menambakan bahwa momen ini selain untuk mengadakan halal bihalal, yang terpenting lagi adalah pembinaan secara langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Kab. Batang pada seluruh Guru dan pegawai Madrasah, sebagai motivasi melaksanakan tugas kedepanya.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Batang H.M. Aqsa yang didampingi Kasi Pendidikan Madrasah dalam amanatnya menyampaikan bahwa kita baru saja melalui Ramadhan dengan baik, menurutnya siapa saja yang dapat meyelesaikan puasa Ramadhan dengan baik maka itu adalah orang hebat.

“ Kita akan menjadi orang yang hebat ketika bisa melalui Ramadhan dengan baik, satu bulan kita dididik oleh Ramadhan, dimana kita latihan untuk menjadi manusia yang ikhlas,” kata H.M. Aqsho.

Dia juga mengatakan bahwa ibadah puasa merupakan ibadah yang unik dibandingkan dengan ibadah yang lain, maka dalam sebuah keterangan bahwa puasa hanya diketahui oleh Allah saja, tidak bisa orang lain mengetahuinya. Orang lain bisa saja ditipu oleh orang yang mengaku puasa padahal tidak ataupun sebaliknya mengatakan tidak puasa padahal sejatinya puasa.

“Puasa adalah ibadah yang unik ,karena berbeda dengan ibadah lainnya, seperti sholat,zakat dan haji, karena puasa merupakan ibadah yang hanya diketahui oleh Allah SWT. Pendidikan di bulan Ramadhan melatih kita untuk menjadi manusia yang ikhlas, jujur dan melatih kita untuk menjadi disiplin,” tambahnya.

Di akhir pembinaanya H.M. Aqsho berpesan kepada para guru MTs Negeri Batang agar dapat memberikan pembelajaran dan mendidik siswa siswinya dengan baik dan ikhlas. Orang yang baik adalah orang yang berilmu dan beramal, dan bisa memulai dari diri sendiri ( ibda’ binafsih ). Guru hendaknya ikhlas, takut kepada Allah dan guru hendaknya mensyiarkan amaliah yang baik dan menjadi teladan baik di madrasah maupun di masyarakat. ( Istianah / Zy )